Home Motor Motor Listrik Prototype Utuh Skuter Listrik Buatan Indonesia Siap Diperkenalkan Di IIMS 2016

Prototype Utuh Skuter Listrik Buatan Indonesia Siap Diperkenalkan Di IIMS 2016

1496
0

OTONITY.com – Motor Listrik Buatan ITS-Garansindo, PT Garansindo Inter Global (GIG) melakukan kerjasama dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya untuk mengembangkan sebuah motor berjenis matik dengan menggunakan tenaga listrik. Motor ini sendiri sudah mulai diperkenalkan ke publik tanah air melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan Agustus 2015 silam. Hanya saja waktu itu skuter listrik karya anak bangsa tersebut masih dalam bentuk prototype telanjang.

Artinya saat pagelaran IIMS 2015 lalu motor ini masih belum berbentuk seperti pada umumnya karena yang melekat pada bodinya baru bagian ban, rangka dan tenaga listrik, sedangkan untuk cover body memang sengaja tidak dipasangkan sehingga membuat para pengunjung pun menjadi penasaran.

Sementara itu Harun Sjech selaku Chief Sales Officer PT Garansindo Inter Global mengungkapkan untuk versi prototype utuh dari motor listrik hasil kerjasama GIG dengan ITS tersebut rencananya akan diperkenalkan ke masyarakat luas pada ajang IIMS 2016 mendatang yang berlangsung di bulan April. Tentu saja wujudnya akan jauh berbeda dibandingkan sebelumnya karena nanti sudah dibekali dengan bodi yang lengkap.

Motor Listrik ITS-Garansindo Indonesia

“Jadi nanti sudah ada bodinya atau bisa dibilang sudah tertutup semua, tidak berbentuk rangka seperti saat dipamerkan di IIMS 2015. Tetapi, itu pun juga masih belum versi produksinya,” jelas Harun.  Harun menambahkan untuk versi prototype yang akan diperkenalkan di IIMS 2016 tersebut sudah mendekati versi produksi massal, namun menurutnya pihak GIG belum berencana untuk menjualnya di tahun ini dan kabarnya motor listrik buatan lokal tersebut siap mengaspal untuk pertama kalinya pada tahun 2017 mendatang.

Lebih lanjut Harun mengungkapkan karena untuk produksi massalnya sendiri memerlukan waktu yang cukup lama dan harus menjalani serangkaian tahapan mulai dari pemasok dan lain sebagainya. Dirinya juga menjelaskan apabila tidak ada halangan Indonesia akan memiliki motor matik listrik yang digadang-gadang bakal menjadi produk nasional mulai tahun 2017.

Sedikit informasi mengenai sepeda motor listrik karya Garansindo-ITS ini akan ada dua unit purwarupa. Sedangkan untuk komponen-komponen penyusunannya sudah bisa di urai sekaligus telah direncanakan penyuplai dari mesin dan lain sebagainya. Setelah itu dua unit purwarupa tersebut sudah bisa masuk ke dalam proses manufactur guna dapat diproduksi secara massal. Pihak GIG sendiri juga terus melakukan serangkaian analisa produk untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap motor ini.

Apabila benar-benar sesuai prosedur maka motor listrik ITS-Garansindo ini akan masuk ke dalam seluruh proses produksi serta pemasaran pada tahun 2018 dan untuk masalah penjualan semuanya akan langsung ditangani oleh pihak Grup Garansindo.

Memang belum ada kabar resmi dari Garansindo mengenai spesifikasi dan juga harga yang akan dipatok untuk motor barunya tersebut. Namun menurut sumber diperkirakan motor listrik buatan Indonesia ini bakal dibanderol sekitar Rp 20 jutaan. Jika dilihat dari angkanya memang harga tersebut masih sedikit lebih mahal dibandingkan skuter lain yang ada di Indonesia.

Namun yang pasti motor ini juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu di sektor dapur pacu menggunakan tenaga listrik yang bisa dikatakan jauh lebih hemat pengeluaran dibandingkan motor matik bertenaga konvensional. Sedikit informasi mengenai perkembangan motor listrik di Indonesia memang belum terlalu banyak peminat karena selain para produsen jarang membuatnya juga faktor konsumen tanah air yang lebih mengenal kendaraan konvensional karen dari segi harga lebih murah.

PT Garansindo Inter Global tercatat sebagai agen pemegang merek resmi dari kendaraan Zero Motorcycle yaitu motor sport bertenaga listrik. Selain itu Garansindo juga masih memiliki sepeda Italjet yang juga bertenaga listrik.

Source img http://otomotif.kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here