Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang Dijual Maret 2016?

0

OTONITY.com – MPV Suzuki Karimun Wagon R Terbaru, Dalam beberapa tahun terakhir kabar mengenai kehadiran Suzuki Karimun Wagon R dengan konfigurasi tujuh penumpang semakin gencar diperbincangkan para pecinta otomotif dunia. Bahkan versi prototype pun sudah ditampilkan di beberapa event pameran otomotif termasuk di Indonesia. Menariknya menurut kabar yang beredar dalam waktu dekat ini mobil SUV tujuh penumpang dengan harga terjangkau tersebut sudah siap diluncurkan.

Seperti yang diberitakan oleh indianautosblog pada bulan Maret 2016 ini Suzuki Karimun Wagon R 7-seater bakal dipasarkan untuk pertama kalinya di India. Tidak hanya itu saja menurut kabar yang beredar beberapa vendor sudah diminta untuk memasok komponen untuk selanjutnya diproduksi secara massal. Walaupun belum ada kabar dari pihak Suzuki mengenai spesifikasi yang digunakan pada mobil MPV terbarunya tersebut namun menurut bocoran New Suzuki Karimun Wagon R tujuh penumpang bakal memakai mesin K-Series berkapasitas 1.197 cc untuk bensin dan 1.248 cc DDiS pada mesin diesel yang disandingkan oleh transmisi manual lima percepatan serta otomatis lima percepatan.

Jika dilihat dari versi prototype yang sudah pernah diperkenalkan secara desain dan juga bentuk Suzuki Karimun Wagon R 7 penumpang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan versi 5 penumpang. Perbedaan yang paling mencolok tentu saja terletak pada sektor ukuran yang jauh lebih panjang yaitu mencapai 101 mm. Diprediksi setelah resmi diluncurkan mobil MPV murah ini siap menjadi pesaing ketat bagi Datsun GO+ dan GO+ Panca yang ada di pasar India serta Indonesia.

Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang

Namun sayangnya sampai saat ini belum ada kabar resmi dari pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W mengenai mobil MPV terjangkau tersebut, padahal versi prototype-nya sendiri sudah pernah diperkenalkan ke publik tanah air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 silam, namun hingga kini belum ada kejelasan dari pihak SIS kapan Suzuki Karimun Wagon R 7 penumpang bisa dijual atau diproduksi secara massal.

Makmur selaku 4W Direktur Marketing PT SIS pernah mengungkapkan kalau pihaknya masih dalam tahap pengembangan mengenai mobil tersebut dan belum bisa memastikan kapan model ini bisa dipasarkan dalam produksi massal. Dirinya menambahkan antusias masyarakat Indonesia sebenarnya sudah cukup baik dan antusias.

“Respons pasarnya sangat bagus, dan kalau ditanya perlu ada model itu, jawabannya perlu tapi kapannya itu saya belum bisa pastikan,” Jelas Makmur.

Pertama kali prototype Suzuki Karimun Wagon R 7 penumpang ini diperkenalkan ke publik tanah air pada ajang IIMS 2013. Kendati demikian India akan menjadi negara yang terlebih dulu memasarkan mobil ini dan ditargetkan bisa meraih penjualan mencapai 80 ribu unit dalam waktu satu tahun.

Sedangkan apabila masuk ke Indonesia mobil murah ini akan berada di segmen low cost green car atau masyarakat biasa menyebutnya mobil LCGC dan bakal menjadi mobil MPV kedua yang masuk ke dalam kategori ini setelah Datsun GO+.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY