Home Honda Honda Freed Tetap Dijual Di Indonesia Pada Tahun 2016

Honda Freed Tetap Dijual Di Indonesia Pada Tahun 2016

1409
0
SHARE

OTONITY.com – Honda Freed Tidak Berhenti Produksi Di Indonesia, Honda Prospect Motor (HPM) selaku distributor mobil Honda di Indonesia memastikan bahwa salah satu mobil MPV premium mereka yaitu Honda Freed bakal tetap dijual di tanah air pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan langsung sumber internal HPM sekaligus menampik kabar kalau pihak Honda Indonesia bakal menghentikan penjualan pesaing Toyota NAV1 tersebut.

Memang secara penjualan Honda Freed tidak sebaik produk HPM di kelas mobil keluarga lainnya seperti Honda Mobilio ataupun Honda HR-V, kendati demikian peminat Honda Freed masih ada meskipun terus mengalami penurunan sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2009 silam.

Penjualan Honda Freed sendiri mengalami penurunan drastis di tahun 2014 yaitu hanya mencapai 6.517 unit saja. Jauh lebih rendah ketimbang penjualan pada tahun 2013 lalu yang sukses terjual hingga 18.595 unit. Sedangkan di tahun 2015 kemarin penjualan Honda Freed semakin terpuruk dengan mencapai 3.218 unit saja selama bulan Januari hingga November.

Honda Freed Indonesia

Seperti yang dilansir oleh kompasotomotif bahwa menurut sumber internal HPM produksi Honda Freed terus dilakukan untuk menjaga kuota stok, hanya saja sejak tahun 2014 lalu produksinya mulai dikurangi untuk memberikan kesempatan pada produk Honda lainnya.

Menariknya Honda Freed yang ada di Indonesia adalah produksi lokal tepatnya dibuat di pabrik Honda di kawasan Karawang, Jawa Barat. Indonesia sendiri merupakan negara kedua yang memproduksi sendiri mobil pintu geser tersebut setelah Jepang. Tentu saja lankah tersebut dilakukan Honda Indonesia untuk menekan harga penjualan supaya lebih murah ketimbang harus impor langsung dari negara asalnya.

Honda Indonesia sendiri ditunjuk menjadi basis produksi untuk memasok kendaraannya di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam. Namun sampai saat ini hanya Thailand yang masih menjual Honda Freed buatan Indonesia.

Terakhir Honda Freed mendapat penyegaran di Indonesia pada 2014 lalu dan secara resmi telah diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil ciri khas pintu geser ini mendapat sentuhan baru pada sektor eksterior dan interiornya.

Di sektor luar terdapat perubahan grill yang lebih menarik, sedangkan di sektor buritan bentuk lampu belakang pun juga dibuat lebih dinamis dan terdapat pula kamera parkir yang telah terintegrasi dengan head unit layar sentuh. Sedangkan di dalam ruang kabinnya terdapat penambahan fitur baru seperti letak kontrol audio disematkan pada roda kemudi sehingga mempermudah pemiliknya ketika menyalakan player music dan semua fitur baru tersebut sudah tersedia di tipe E.

Sementara itu untuk Honda Freed tipe S memiliki fitur yang lebih lengkap di mana terdapat penambahan fitur baru seperti lampu kabut, audio steering, switch, isofix dan tether. Tidak hanya itu saja di dalam interiornya di desain dengan nuansa hitam sehingga menambah kesan mewah.

Pada semua tipe terdapat pilihan warna baru yaitu Premium Cosmic Violet Pearl, Alabaster Silver Metallic,Taffeta White, Crystal Black Pearl serta Polished Metal Metallic. Perlu diketahui Honda Freed di jual dengan harga mulai Rp 226,5 juta untuk tipe A, sedangkan pada varian S dibanderol Rp 262,5 juta dan untuk tipe E mencapai Rp 284,5 juta yang berlaku untuk daerah Jabodetabek.

Namun belum diketahui apakah di tahun 2017 nanti pihak Honda Indonesia akan menghentikan produksi mobil pintu geser ini atau tidak, yang jelas apabila Honda Freed dipensiunkan maka pihak HPM harus menyediakan penggantinya seperti yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah mempersiapkan New Toyota Sienta untuk menggantikan Toyota NAV1 di pasar Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here