Home Honda Yamaha Fino 125 Blue Core VS Honda Scoopy eSP, Mana Yang Terbaik?

Yamaha Fino 125 Blue Core VS Honda Scoopy eSP, Mana Yang Terbaik?

5169
0

OTONITY.com – Perbandingan Honda Scoopy eSP dan Yamaha Fino 125 Blue Core, Hadirnya New Yamaha Fino 125 Blue Core ke pasar Indonesia menambah persaingan di kelas motor matik. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku distributor resmi dari skuter tersebut sangat yakin kalau produk terbarunya itu bisa kembali menggairahkan pasar otomotif dalam negeri khususnya roda dua yang sempat lesu di tahun 2015 kemarin.

Namun Yamaha Fino 125 Blue Core bukanlah satu-satunya motor matik bergaya retro di Indonesia karena T Astra Honda Motor (AHM) juga memiliki varian serupa yang bernama Honda Scoopy eSP. Keduanya jelas memiliki keunggulan masing-masing yang siap memanjakan para konsumennya.

Desain

Secara bentuk sebenarnya Yamaha Fino 125 Blue Core ini tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya yaitu tetap mengusung tampilan elegan dengan bentuk membulat serta dibekali speedometer cukup unik. Kesan retro semakin terlihat jelas dengan hadirnya spion bulat dan juga headlamp yang berkarakter klasik.

Yamaha Fino 125 Blue Core 2016 Harga Dan SpesifikasiSementara itu untuk Honda Scoopy eSP juga memiliki perawakan yang tidak jauh berbeda yaitu mengusung tampilan bulat di sekujur tubuhnya, hanya saja ada beberapa bagian yang cukup membedakan mulai dari ban belakang terlihat lebih besar, lampu depan lebih bulat dan besar serta di dukung stoplamp unik.

Fitur

Untuk Honda Scoopy yang menggunakan teknologi eSP (Enhance Smart Power) diklaim memiliki bahan bakar lebih hemat namun tetap bertenaga dan pastinya lebih ramah lingkungan.

Selain itu motor matik ini juga dibekali dengan fitur Idling Stop System (ISS) yang membuat mesin kendaraan secara otomatis mati ketika motor berhenti selama 3 detik. Mesin pun akan kembali menyala ketika pengendara menarik tuas gas. Cara ini tentu saja membantu dalam menghemat bahan bakar agar tidak terbuang percuma.

Honda Scoopy eSP 2015 TerbaruTidak hanya itu saja Honda Scoopy eSP juga memiliki fitur ACG yang membuat mesin lebih halus saat pertama kali motor dihidupkan. Selain itu ada juga fitur Answer Back System guna membantu pemilik menemukan kendaraan saat berada di tempat parkir.

Sedangkan untuk Yamaha Fino 125 yang di dukung oleh teknologi Blue Core diklaim lebih hemat mencapai 50 persen dibandingkan motor matik buatan YIMM yang diluncurkan pada tahun 2008 silam. Selain itu skuter model terbaru ini juga dibekali fitur Answer Back System sama seperti milik Honda Scoopy eSP dan terdapat pula tambahan fitur auto open shutter.

Mesin

Beralih ke sektor dapur pacu sepertinya untuk urusan tenaga Yamaha Fino 125 Blue Core sedikit diunggulkan karena mengusung mesin berkapasitas 125 cc dengan diameter x langkah 52,4 x 57,9 mm. Sedangkan untuk perbandingan kompresi pada ruangnya sendiri mencapai 9,51 dengan tenaga maksimal mencapai 9,52 Ps pada putaran 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Sementara itu untuk New Honda Scoopy eSP mengusung mesin berkapasitas 110 cc saja dengan perbandingan kompresi 9,51 yang hanya memiliki tenaga sekitar 8,79 Ps pada 7.500 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 9,1 Nm pada 6.000 rpm.

Harga

menariknya untuk soal harga kedua motor matik bergaya klasik ini memiliki kesamaan yaitu dibanderol Rp 16,25 juta dengan status on the road Jabodetabek. Yamaha Fino 125 Blue Core sendiri tersedia dalam dua tipe yakni Elegant dan Sporty sedangkan pada Honda Scoopy eSP juga memiliki dua varian diantaranya Sporty dan Stylish.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulannya kedua skuter retro ini sama-sama memiliki tampilan yang sangat elegan dan menarik sehingga cocok sekali digunakan oleh para kaum muda terutama wanita fashionable. Bagi yang ingin tampil modis dengan gaya berkendara lebih santai sepertinya Honda Scoopy merupakan pilihan yang sangat tepat, namun buat anda yang menyukai gaya stylish ala anak muda dengan lebih mengedepankan akselerasi Yamaha Fino 125 Blue Core sepertinya lebih tepat digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here