Home Motor Ini Peraturan Baru Untuk MotoGP 2016

Ini Peraturan Baru Untuk MotoGP 2016

1784
0

OTONITY.com – Aturan Terbaru MotoGP 2016, Jadwal MotoGP untuk musim 2016 sudah dirilis dengan beberapa perubahan jadwal. Dorna Sport selaku pihak pengelenggara ajang balap paling bergengsi di dunia tersebut ternyata juga melakukan perubahan pada regulasi-regulasi MotoGP untuk musim depan agar semua kontestan bisa bersaing dengan lebih ketat.

Salah satu aturan baru yang diterapkan oleh Dorna Sport yaitu masalah ECU bagi para peserta MotoGP, selain itu semua tim pun juga mendapat perlakuan yang sama mengenai pembatasan pengisian bahan bakar tangki. Sebelumnya di musim 2015 kemarin tim non konsesi seperti Honda, Yamaha dan Ducati memperoleh kapasitas bahan bakar yang lebih sedikit yaitu 20 liter saja.

Sedangkan untuk tim Konsesi seperti Suzuki dan Aprilia diperbolehkan mengisi bahan bakar hingga 24 liter. Namun untuk musim 2016 mendatang semua tim baik itu Konsesi ataupun non Konsesi hanya diperbolehkan mengisi bahan bakar 22 liter. Dengan begitu diharapkan persaingan pun menjadi lebih sengit dan juga kompetitif.

MotoGp 2016 Dimulai Maret

Perubahan lainnya yaitu sektor engine freeze atau pelarangan pengembangan mesin selama satu musim balap bagi tim non konsesi. Sementara itu untuk tim non Konsesi masih di ijinkan untuk melakukan pengembangan mesin balapnya namun dengan catatan hanya boleh menggunakan 9 mesin saja. Sedangkan pada tim non konsesi sebaya 7 unit mesin.

Peraturan baru lainnya yaitu tim-tim unggulan seperti Honda, Yamaha dan Ducati hanya mendapat jatah lima hari saja untuk sesi private test, sedangkan untuk tim-tim non unggulan seperti Suzuki dan Aprilia tidak dibatasi sama sekali alias unlimited.

Pihak Dorna pun berharap dengan adanya peraturan baru tersebut membuat balap motor MotoGP 2016 bisa berjalan semakin ketat tanpa ada yang diuntungkan.

Baca Juga : Jadwal MotoGP 2016 Lengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here