Home Honda Skuter Honda Forza 125 Berpeluang Masuk Indonesia

Skuter Honda Forza 125 Berpeluang Masuk Indonesia

5682
0

OTONITY.com – Motor Honda Forza 125 Indonesia, Di pasar tanah air Honda PCX 150 menjadi satu-satunya skuter bongsor yang dimiliki oleh PT Astra Honda Motor (AHM), sebenarnya masih ada satu lagi model motor matik bertubuh besar yaitu Honda Forza 125 namun sampai sekarang masih belum bisa dijual di Indonesia. Menariknya menurut kabar yang beredar di dunia maya PT AHM berencana memboyong pesaing Yamaha NMAX 125 tersebut ke Indonesia.

Seperti yang dijelaskan oleh Agustinus Indraputra yang mengatakan Honda Forza saat ini sudah dipasarkan di negara Vietnam, sedangkan untuk Indonesia masih di fikirkan apakah sesuai dengan konsumen di tanah air atau tidak. Dirinya menambahkan setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda dan pihak AHM pun terus memantau tren yang sedang populer saat ini.

Dibandingkan dengan Honda PCX 150 jelas Honda Forza 125 memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil sehingga untuk urusan harga dan juga tenaga pun juga berbeda. Sementara itu Johannes Loman selaku Executive Vice President AHM masih enggan untuk membicarakan hal tersebut da baru mau menjelaskan ketika waktunya tiba.

Honda Forza 125 Terbaru

Meskipun begitu AHM akan terus memantau dan melihat kemungkinan apakah skuter bongsor berkapasitas 125 cc tersebut bisa diterima atau tidak di Indonesia. Di negara Inggris Honda Forza 125 sudah dilengkapi dengan teknologi ABS yang memiliki tenaga mencapai 10,5 Kw pada putaran mesin 8.750 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 8.250 rpm.

Sebenarnya Honda Forza memiliki banyak varian termasuk menggunakan mesin 300 cc, namun untuk mendatangkan motor dengan kapasitas di atas 250 cc sepertinya untuk saat ini cukup sulit di Indonesia karena selain harganya yang lebih tinggi juga terbentur oleh peraturan baru dari pemerintah.

Pihak Korlantas dan juga pemerintah RI baru saja mengumumkan peraturan mengenai kepemilikan SIM C. untuk mesin di bawah 250 cc masih diperbolehkan memiliki SIM C seperti biasa, sedangkan untuk mesin diatas 250 cc sampai 500 cc harus memiliki sim C1 dan untuk motor dengan mesin di atas 500 cc diwajibkan memiliki SIM C2.

jadi kemungkinan besar jika Honda Forza masuk ke Indonesia maka mesin yang digunakan yaitu 125 cc mengingat harganya lebih murah dan juga lebih mudah diterima oleh masyarakat tanah air. Hanya saja sampai saat ini belum ada informasi dari pihak AHM mengenai kapan skuter bongsor tersebut bisa masuk pasar dalam negeri.

Sedikit informasi mengenai Honda Forza 125 merupakan skuter dengan desain stylish yang didukung pula oleh fitur-fitur modern sehingga sangat cocok sekali digunakan oleh konsumen perkotaan. Motor ini memiliki mesin 124,90 cc satu silinder 4-stroke yang mampu menghasilkan 14,08 hp dan pada putaran 8.750 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 8.250 rpm.

Untuk teknologi mesinnya Honda Forza 125 sudah didukung PGM-FI electric fuel injection dengan transmisi otomatis yang diklaim mampu mengkonsumsi bahan bakar hingga 52,4 km/liter. Sebagai motor matik modern jelas Forza 125 memiliki banyak kelebihan. Apalagi motor ini ditanamkan suspensi depan Telescopic dan Twin pada bagian suspensi belakang.

Untuk sektor kaki-kaki memakai ban berukuran 120/70 – 15 untuk depan dan 140/70 – 14 di bagian belakang. Dengan ban tapak lebar tersebut jelas membuat Honda Forza 125 terasa sangat nyaman saat berakselerasi di tikungan. Sebagai pendukung ban pada motor ini memakai rem single disc berteknologi ABS pada bagian depan.

Update : Honda Forza Indonesia Meluncur Maret-April 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here