Home Daihatsu Deretan Mobil MPV Yang Siap Ramaikan Indonesia Di Tahun 2016

Deretan Mobil MPV Yang Siap Ramaikan Indonesia Di Tahun 2016

1584
0

OTONITY.com – Mobil MPV Terbaru 2016 Indonesia, Seperti biasa di setiap pergantian tahun tentu para agen pemegang merek (APM) sudah mempersiapkan berbagai strategi baru untuk bisa bertahan di industri otomotif dalam negeri. Khususnya di persaingan segmen mobil jelas memiliki jumlah peminat yang lebih sedikit dibandingkan dengan pembeli sepeda motor.

Untuk itulah para APM berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para calon konsumennya, salah satunya yaitu dengan menghadirkan produk-produk baru. Untuk tahun 2016 ini tanda-tanda persaingan mobil di kelas MPV sudah mulai terlihat sengit dan masih didominasi oleh pabrikan asal Jepang.

Meskipun saat ini model LCGC dan SUV sudah semakin tumbuh di Indonesia namun diprediksi mobil-mobil MPV masih tetap kuat. Dimulai dari PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menurut kabar akan menghadirkan model terbaru bernama Toyota Sienta untuk menggantikan Toyota NAV1.

Toyota Sienta 2016

Selain itu diprediksi merek paling laris di Indonesia ini juga akan melakukan penyegaran pada Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova yang untuk model terbarunya sudah diperkenalkan ke publik pada semester kedua tahun 2015 kemarin. Digadang-gadang Toyota Sienta akan diproduksi sendiri di pabrik Toyota Indonesia dengan tujuan supaya lebih murah dan mudah dalam pelayanan.

Sementara itu PT Honda Prospect Motor (HPM) juga tengah mempersiapkan penyegaran baru pada Honda Freed yang sudah cukup lama tidak dilakukan perubahan. Mobil MPV dengan ciri khas pintu geser tersebut sepertinya tidak hanya berubah pada sektor desainnya saja namun juga mengalami perubahan di bagian dapur pacu. Selain Honda Freed kabarnya PT HPM juga tengah berancang-ancang untuk menghadirkan generasi terbaru dari Honda Mobilio.

Sedangkan pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang hanya mengandalkan Daihatsu Great New Xenia di pasar Indonesia juga dikabarkan akan mendapat penyegaran seperti halnya kembarannya yaitu Toyota Grand New Avanza. Namun sayangnya ADM belum bisa menghadirkan adik dari Xenia yang versi konsepnya sudah pernah diperkenalkan beberapa tahun lalu dengan nama Daihatsu UFC Concept.

Beralih ke APM PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang di tahun 2016 ini sudah menghadirkan New Suzuki Ertiga Dreza. Mobil MPV tersebut merupakan varian tertinggi dari keluarga Ertiga yang tidak hanya berubah secara tampang saja namun juga ditambah beberapa fitur-fitur baru. Sebelumnya Suzuki Ertiga terbaru sudah diluncurkan pada ajang GIIAS 2015 namun belum dilengkapi fitur yang lengkap.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang hanya memiliki Nissan Livina dan Serena di segmen MPV diprediksi juga akan melakukan penyegaran pada kedua model tersebut di tahun ini. Hanya saja sampai sekarang pihak NMI masih menutup rapat mengenai informasi tersebut.

Kita lihat saja kejutan apalagi yang akan terjadi pada segmen MPV di Indonesia di tahun 2016 ini. Toyota Avanza diprediksi masih akan menjadi yang paling laris di Indonesia. Namun bukan tidak mungkin dengan berbagai strategi baru beberapa pesaingnya juga akan terus mengganggu, sebut saja Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina dan Daihatsu Xenia.

Sayangnya pasar MPV tanah air mulai kehilangan Chevrolet Spin yang sejak pertengahan tahun 2015 kemarin sudah tidak dirakit di Indonesia sehingga akibat pabrikan GM di tanah air yang ditutup. Kejutan lain datang dari pabrikan China yaitu Wuling yang menurut kabar sudah siap untuk bersaing di segmen MPV Indonesia. Bahkan beberapa spy shot mengenai uji coba mobil keluarga berharga murah tersebut mulai tersebar di dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here