Isuzu Indonesia Punya 10 Model Baru di Tahun 2016 Ini

0

OTONITY.com – Mobil Baru Isuzu 2016 Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang memperoleh penjualan kurang memuaskan di tahun 2015 kemarin berusaha untuk memberikan warna baru di tahun 2016 ini dengan meluncurkan berbagai produk baru termasuk dalam meningkatkan segmen komersial yang saat ini masih menjadi andalan Isuzu.

Tentu saja pihak Isuzu harus lebih meningkatkan penjualan supaya tetap bisa bersaing di pasar Indonesia, pasalnya di tahun 2015 kemarin pabrikan asal Jepang ini hanya mampu menjual sebanyak 19.500 unit saja. Tentu angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan para kompetitor lainnya yang sama-sama berasal dari Jepang.

Edy J Oekasah selaku Marketing Division Head PT IAMI mengatakan kalau untuk tahun ini pihaknya sudah menyiapkan 10 model baru yang siap meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Beberapa di antaranya memang berada di segmen Light Comercial Vehicle (LCV) sebut saja Isuzu MU-X dan D-Max, selain itu ada juga Isuzu Giga di segmen Medium truck dan Isuzu Elf di Light Truck.

Isuzu Giga 2016

Bisa jadi keputusan Isuzu menghadirkan MU-X ke Indonesia sangatlah tepat karena tahun 2016 ini segmen SUV diprediksi bakal semakin meningkat. Apalagi akan ada beberapa produk yang dipastikan mengaspal di tanah air seperti Honda BR-V, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Tahun ini Isuzu Jepang memiliki 4 global proyek dan salah satunya berada di Indonesia karena dianggap memiliki pengembangan bisnis sangat bagus. Isuzu sendiri merupakan produsen kendaraan pertama di Jepang dan juga produsen mesin diesel pertama di negara Sakura tersebut yang dari tahun ke tahun terus mengalami pembaruan.

Isuzu sendiri memiliki beberapa basis produksi yaitu di Jepang yang menjadi tempat produksi kendaraan komersial untuk negara-negara berkembang serta yang telah memiliki regulasi emisi gas buang di atas EURO III. Sementara itu di Thailand Isuzu memiliki produksi kendaraan komersial kecil seperti MU-X dan Isuzu D-Max.

Sedangkan untuk Indonesia yang dimulai pada tahun 2016 ini akan menjadi basis produksi bagi kendaraan komersial di negara-negara berkembang dengan regulasi emisi EURO II. Proyek tersebut akan dilakukan di pabrik baru Isuzu yang terletak di kawasan Karawang dengan luas pabrik 300.000 m2 serta memiliki kapasitas 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun. Pabrik baru tersebut sudah diresmikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI yaitu Saleh Husin pada 7 April 2015 lalu.

Tentu saja di 2016 ini akan menjadi tahun yang penting bagi PT Isuzu Astra Motor Indonesia karena pihaknya sudah bersiap memberikan banyak sekali kejutan bagi pecinta otomotif dalam negeri melalui beberapa model. Isuzu Indonesia berencana menaikkan penjualan mencapai 20 persen sampai akhir 2016 nanti dan membidik konsumen fleet serta pengguna mobil pribadi.

Tahun lalu Isuzu Indonesia memang mengalami penurunan yang cukup drastis namun meraih hasil positif dari meningkatnya pangsa pasar Isuzu Elf dan Light Truck yaitu dari sebelumnya 18,1 persen menjadi 19 persen. Sedikit informasi meskipun PT IAMI sudah memiliki pabrik sendiri di Indonesia dan mampu menampung hingga 80 ribu unit per tahun namun faktanya sampai sekarang Isuzu masih mendatangkan kendaraan penumpang langsung secara utuh dari Thailand yaitu D-Max dan MU-X.

Menurut Ernando Demily yang menjabat sebagai Marketing Director PT IAMI kendala belum diproduksinya sendiri mobil penumpang di Indonesia bukan karena masalah ketidakmampuan namun terkendala daya serap konsumen. Padahal jika diproduksi sendiri harga kedua mobil tersebut bisa saja lebih murah dan semakin bersaing.

Kendati demikian Ernando menjelaskan sebenarnya ada peluang untuk melakukan hal tersebut namun harus sesuai dengan regulasi dan juga aturan dari pihak prinsipal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY