Home Mobil Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Bakal Diekspor Ke Malaysia

Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Bakal Diekspor Ke Malaysia

901
0

OTONITY.com – Mobil Suzuki Ertiga 2016 Indonesia Siap Diekspor, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana untuk mengekspor New Suzuki Ertiga buatan Indonesia ke Malaysia berkat kerjasama dengan pabrikan Proton. Mobil MPV tersebut ternyata bakal dipasarkan ulang oleh pihak Proton dengan mengusung emblem pabrikan lokal tersebut atau bisa dikatakan secara tampilan sama namun berbeda nama.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Davy J Tuilan selaku Wakil Direktur Pelaksana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengungkapkan New Suzuki Ertiga buatan indonesia memang pesanan Proton. Bahkan menurut media setempat dealer Suzuki Malaysia dengan Proton Edar sudah melakukan rencana yang cukup matang dan diprediksi siap diperkenalkan di negeri Jiran pada akhir tahun ini.

Davy menambahkan kalau Suzuki Ertiga yang dikirim ke Malaysia nantinya dalam bentuk terurai atau biasa disebut dengan CKD (completely knocked down) dengan desain dan juga teknologi yang sama. Hanya saja akan ada terdapat perubahan pada sektor segi keselamatan karena disesuaikan dengan standar negeri yang berlaku.

Davy pun merasa bangga karena produk buatan PT SIS bisa diterima oleh negara lain. Namun sayangnya sampai saat ini belum ada bocoran mengenai nama apa yang nantinya akan digunakan di negara Malaysia.

Suzuki Ertiga Facelift 2016 Indonesia

Tentu dengan ekspor yang akan dilakukan oleh PT SIS memberikan angin segar bagi pabrikan berlogo huruf S ini karena bisa mendongkrak penjualan. Seperti diketahui tahun 2015 kemarin kondisi pasar otomotif dalam negeri bisa dikatakan sangat terpuruk karena hampir semua pabrikan mengalami penurunan penjualan.

Tercatat sepanjang 2015 lalu total mobil MPV yang terjual di Indonesia hanya mencapai 267.602 unit saja, angka tersebut jauh lebih rendah apabila dibandingkan tahun 2014 silam yang sukses menembus angka 356.126 unit. Dengan demikian penurunan penjualan MPV tahun kemarin mencapai 25,4 persen.

Davy pun menambahkan pasar otomotif tahun kemarin dikatakan yang paling buruk karena tertekan oleh kondisi perekonomian dalam negeri yang tidak stabil, selain itu perang diskon besar-besaran yang dilakukan oleh para pabrikan turut memperparah keadaan.

Sementara itu sepanjang tahun 2015 Suzuki Ertiga hanya berhasil terjual sebanyak 32.871 unit atau turun sekitar 32 persen dari tahun 2014 lalu yang mencapai 48.0166 unit. Pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memprediksi total penjualan tahun 2016 ini tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk Suzuki Ertiga sepertinya penjualannya akan lebih stabil karena memiliki tambahan ekspor sebanyak 18.000 unit ke Malaysia.

Rencana ekspor Suzuki Ertiga yang dilakukan oleh PT SIS dalam bentuk CKD dimulai pada Mei 2016 mendatang dengan jumlah 1.500 unit per bulan dengan nilai ekspor mencapai Rp 2 triliun. Tahun lalu Suzuki juga sudah melakukan ekspor ke beberapa negara dengan total mencapai Rp 2 triliun. Negara-negara tujuan tersebut diantaranya Pakistan dengan Suzuki Karimun, Futura ke Vietnam dan Ertiga ke Thailand, Vietnam, Filipina serta Brunei Darussalam.

Sedikit informasi New Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 174 juta untuk varian paling rendah. Mobil ini memiliki panjang keseluruhan 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm dan jarak poros sumbu roda 2.740 mm. Sementara itu di sektor dapur pacunya pesaing Honda Mobilio tersebut mengusung mesin K14B berkapasitas 1.373 cc, 16 katup 4 inline yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 92 Ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm.

Diprediksi Suzuki Ertiga yang masuk ke Malaysia juga akan memakai mesin bensin seperti di Indonesia. Padahal di negara India Ertiga sudah memiliki mesin diesel dan lebih diminati dibandingkan dengan mesin bensin. Salah satu kendala yang membuat Suzuki Ertiga memakai mesin bensin di pasar tanah air karena terkendala kualitas solar.

Baca Juga : Suzuki Ertiga 2016 Indonesia Resmi Rilis, Ini Harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here