Home Motor Motor Sport Ini Perbedaan TVS Apache RTR200 2016 Indonesia Dengan India

Ini Perbedaan TVS Apache RTR200 2016 Indonesia Dengan India

1167
0

OTONITY.com – Perbedaan TVS Apache 200cc Indonesia dan India, TVS Apache RTR200 menjadi produk India pertama yang mengaspal di Indonesia pada tahun 2016 ini. Meskipun mengusung mesin 200 cc namun pihak PT TVS Motor Company sangat yakin motor sport terbarunya ini bisa bersaing ketat di pasar Indonesia dengan target penjualan mencapai 700 sampai 1.000 unit per bulan.

Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan karena TVS Apache RTR200 memiliki segudang kelebihan seperti tampilan yang atraktif dengan di dukung pula oleh fitur-fitur modern termasuk sistem pembakaran injeksi. Selain itu dengan banderol yang hanya Rp 23,9 juta motor ini diprediksi bisa bersaing ketat melawan New Honda CB150R StreetFire dan juga Yamaha V-Ixion.

“Kami menawarkan desain terbaik, performa terbaik. Terlebih harga yang terjangkau dengan teknologi yang kami bawa, kami yakin ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk konsumen di Indonesia,” jelas Rizal Tandju selaku Marketing Director PT TVS Motor Company Indonesia.

TVS Apache RTR 200 Indonesia

Dirinya menambahkan untuk mengajak semua pecinta motor sport terbaru tersebut untuk merasakan sensasi dan juga performa dari TVS Apache RTR200 tersebut. Seperti diketahui motor ini juga diluncurkan secara bersamaan di India namun ada beberapa perbedaan termasuk di sektor mesin yang di negara asalnya justru masih mengandalkan karburator.

TVS Apache RTR200 2016 merupakan versi produksi dari TVS Draken Concept yang sempat diperkenalkan di Indonesia dan India beberapa tahun silam. Sebagai salah satu pendatang baru jelas Apache 200 menawarkan desain yang lebih sporty seperti headlamp depan elegan, kemudian setang setir yang tidak terlalu rendah sehingga membuat nyaman pengendara.

Sementara itu di sektor buritan New TVS Apache RTR200 mengusung jok bertingkat yang menjadi kelebihan tersendiri karena pesaingnya baik Honda CB150R StreetFire maupun Yamaha V-Ixion masih memakai jok standar.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh New TVS Apache RTR200 Indonesia diantaranya mesin injeksi, headlamp di dukung teknologi LED yang selalu menyala dan meredup ketika idle. Selain itu di sektor speedometer sudah mengusung full digital yang menampilkan instrumen RPM, kecepatan sampai isi tangki bahan bakar.

Meskipun sama namun ada beberapa perbedaan pada TVS Apache RTR200 Indonesia dengan India. Di negara asalnya motor ini mengusung mesin SOHC berkapasitas 297,75 cc 4-valve berpendingin oli dengan silinder tunggal karburator yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 20,2 bhp pada putaran 8.500 rpm dengan kecepatan puncak tembus 172 km/jam.

Sementara itu untuk Indonesia TVS Apache RTR200 2016 memiliki mesin yang sama namun di dukung teknologi injeksi. Perbedaan lain terdapat pada sektor kaki-kaki dimana versi India memakai ban depan 90/90 R17 dan belakang 130/70 R17 bawaan TVS. Sedangkan di negara Indonesia roda motor sport ini sudah memakai merek Pirelli yang pastinya menambah kesan sporty.

Satu lagi perbedaan antara kedua negara yaitu terletak di bagian tangki dimana untuk TVS Apache RTR200 India terdapat tulisan “RTR” yang cukup besar. Sedangkan di Indonesia tidak dibekali emblem tersebut.

Tipe SOHC, 4 Valve, oil cooled
Kapasitas mesin 197,75 cc
Sistem EFI DFI Logic by Bosch
Bore : 66 mm
Stroke : 57,8 mm
Starting : Electric start
Idle Speed: 1400 di 200 rpm
Ignition: IDI – Digital Ignition
Compresion Ratio: 9,7:1
Muffler : Twin Pipe and Twin Barrel Design
Clutch : Wet Multi page – 6 plate
Gear Box: 5 speed Gear Box

Kita lihat saja apakah TVS Apache RTR200 ini sesuai dengan ekspektasi dari PT TMCI atau tidak. Yang jelas pasar motor sport menjadi semakin ketat dengan hadirnya produk baru dari India tersebut dan siap untuk menjadi penantang model-model dari pabrikan Jepang.

Source img http://www.tmcblog.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here