Friday, January 22nd, 2016 - Motor, News, Oto Guide

OTONITY.com – Akibat Cuci Motor Ketika Mesin Panas, Bagi sebagian pemilik kendaraan bermotor selalu mencuci tuggangannya setelah digunakan memang hal wajib karena bisa membuat motor tersebut selalu tampil bersih apalagi di saat musim hujan seperti ini. Banyak komponen-komponen yang terkena lumpur memang harus langsung dibersihkan, sebab jika menunggu kering kotoran tersebut justru akan semakin sulit dihilangkan.

Namun tetap saja mencuci motor juga harus melihat kondisi dari kendaraan tersebut, apabila habis digunakan untuk perjalanan jauh dianjurkan tidak langsung mencucinya. Seperti yang dijelaskan oleh M Abidin selaku GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Menurutnya mencuci motor saat mesin panas sangat tidak dianjurkan karena kendaraan tersebut baru saja bekerja keras sehingga perlu jeda untuk mengembalikan suhu pada mesinnya.

Abidin menambahkan mencuci pada bagian mesin motor jelas jauh berbeda dibandingkan dengan mobil karena mesin pada kendaraan roda empat terdapat pelindungnya. Ia menjelaskan komponen-komponen motor termasuk di bagian mesin rata-rata terbuat dari bahan logam yang ketika panas kemudian disiram langsung dengan air maka akan terjadi peregangan yang terlalu cepat dan dikhawatirkan bisa merusak beberapa bagian.

Disarankan ketika mencuci motor lebih baik bersihkan terlebih dulu bagian-bagian yang lebih penting seperti velg, setelah dirasa sudah dingin baru mesin motor ikut dicuci. Mencuci motor pun juga ada aturan tersendiri dan disarankan tidak menggunakan aliran air yang terlalu keras.

Beberapa motor di Indonesia saat ini sudah dibekali dengan teknologi injeksi dan dikhawatirkan apabila menyemprot dengan tekanan kuat aliran air justru masuk ke dalam komponen teknologi tersebut yang kemudian menghambat suplai bahan bakar.

Cukup dengan aliran air yang sedang atau bisa juga menggunakan bak dianggap lebih aman saat mencuci motor. Selain itu untuk melindungi bodi kendaraan agar terlihat lebih bersih disarankan menggunakan sampo khusus cuci motor yang memiliki kualitas bagus.

Baca Juga : Tips Mencuci Motor Injeksi Yang Benar

Motor Matik Jadi Boros Bensin, Ternyata Ini Penyebabnya

Cara Pasang Dan Memilih Box Motor Yang Benar Dan Tepat Guna

Tips Sebelum Membeli Moge Bekas / Seken

Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

Bahaya Pakai Jas Hujan Plonco

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia