Home Daihatsu Komparasi Low SUV di Indonesia, Honda BR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Komparasi Low SUV di Indonesia, Honda BR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios

2053
0

OTONITY.com – Perbandingan Mobil Toyota Rush, Honda BR-V dan Daihatsu Terios, Pasar Low SUV di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kendati secara penjualan masih kalah dibandingkan dengan Low MPV namun setidaknya kehadiran mobil keluarga dengan tampang yang lebih garang tersebut sudah semakin populer di Indonesia.

Salah satu pabrikan yang sangat serius di segmen ini yaitu PT Honda Prospect Motor (HPM), setelah sukses menjual New Honda HR-V pada tahun 2014 silam kini pabrikan berlogo huruf H ini mendatangkan New Honda BR-V dengan tampilan yang lebih segar dan juga ruang kabin semakin nyaman.

Honda BR-V sendiri berada di segmen Low SUV yang menariknya mampu memuat hingga 7 penumpang. Namun langkah mobil andalan HPM di tahun 2016 untuk menguasai pasar di segmennya tidak akan berjalan mulus, pasalnya beberapa pesaingnya pun juga memiliki varian mobil SUV murah yang juga cukup populer di Indonesia.

Toyota Rush 2015

Sebut saja PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan andalannya yaitu Toyota Rush serta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang memiliki Daihatsu Terios. Kedua mobil “kembar” ini mendapat penyegaran baru pada tahun 2015 kemarin. Untuk Honda BR-V sendiri pihak HPM mengklaim kalau mobil terbarunya ini memiliki banyak keunggulan seperti harga yang lebih kompetitif serta dibekali mesin tangguh dan juga velg besar.

Honda BR-V 2016 buatan Indonesia ini memakai kaki-kaki berukuran 195/60 R16. Sementara itu untuk Honda pesaingnya yaitu Toyota Rush mempunyai ukuran ban yang lebih besar yakni sekitar 235/60 R16. Sedangkan pada Daihatsu Terios terpasang ban berukuran 215/65 R16.

Beralih ke sektor dapur pacu bisa dikatakan New Honda BR-V sedikit lebih diunggulkan karena mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter teknologi i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 118,35 hp dan torsi puncak 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Sementara itu untuk Toyota Rush dan juga Daihatsu Terios sama-sama memakai mesin berkapasitas 1.5 liter DOHC teknologi VVT-i namun hanya memiliki tenaga mencapai 109 hp saja pada putaran 6.000 rpm.

Untuk soal harga memang tidak bisa dikatakan siapa yang paling murah karena ketiga mobil SUV ini memiliki beberapa varian dengan harga berbeda-beda. Untuk Honda BR-V misalnya untuk tipe paling rendah yaitu S transmisi manual dibanderol mulai Rp 226,5 juta. Sedangkan untuk tipe E MT dipasarkan seharga Rp 236,5 juta. Lalu untuk tipe E CVT harganya mencapai Rp 246,5 juta. Honda BR-V tipe tertinggi yaitu Prestige dibanderol tembus Rp 261,5 juta.

Sementara itu untuk Daihatsu Terios memiliki harga paling murah hanya Rp 190,9 juta untuk tipe X MT, sedangkan pada tipe C MT Extra dibanderol Rp 201,2 juta, X AT Extra Rp 212,05 juta, lalu untuk tipe R MT Rp 223,1 juta dan R MT Adventure dipasarkan seharga Rp 233,3 juta. Sedangkan pada R AT dibanderol Rp 237,2 juta, kemudian untuk tipe tertinggi yaitu R AT Adventure Rp 247,2 juta.

Untuk Toyota Rush dibanderol paling murah mulai Rp 240,95 juta pada tipe G 1.5 G MT, kemudian untuk tipe G 1.5 AT dibanderol Rp 254,25 juta, tipe TRD 1.5 SPORTIVO M/T sebesar Rp. 238,95 juta dan yang paling tinggi tipe TRD 1.5 Sportivo A/T harganya tembus Rp 252,25 juta.

Jika dilihat dari harganya dan tanpa menelisik mengenai fitur yang ada didalamya memang Daihatsu Terios dibanderol paling murah dibandingkan dua saudaranya tersebut karena dipasarkan d dibawah Rp 200 juta. Tentu saja mobil ini menyasar ke konsumen kelas menengah dan juga pemula yang ingin merasakan sensasi baru dari sebuah Low SUV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here