Home Honda Motor Matic Terbaru Honda Forza Segera Dijual Di Indonesia

Motor Matic Terbaru Honda Forza Segera Dijual Di Indonesia

11415
0

OTONITY.com – Motor Terbaru Honda Forza Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan bersiap untuk meluncurkan skuter terbaru dengan tubuh bongsor yang diprediksi bakal menjadi pesaing Yamaha NMAX. Motor terbaru dari pabrikan berlogo sayap kepak tersebut digadang-gadang adalah New Honda Forza.

Menurut salah satu sumber Honda Forza akan diluncurkan antara bulan Maret atau April 2016 kemarin. Bahkan tidak hanya Forza saja namun AHM juga menyediakan dua motor baru lain yang juga sudah siap diluncurkan dan salah satunya yaitu motor sport.

Khusus untuk Honda Forza rumor yang beredar akan dirakit sendiri secara lokal sehingga untuk harga jualnya bisa lebih murah dibandingkan dengan harus impor. Perlu diketahui Honda Forza sudah dipasarkan ke beberapa negara seperti Eropa, Asia, Amerika dan Asean. Salah satu negara yang sudah menjual motor ini yaitu Thailand dengan mengusung mesin 125 cc. Sedangkan di Eropa Forza justru menggunakan mesin 300 cc.

Honda Forza 125 Terbaru

Namun belum diketahui spesifikasi mesin yang akan digunakan oleh Honda Forza di Indonesia apakah akan memakai mesin 150 cc atau 125 cc. Jika sudah resmi mengaspal tentu saja motor matik baru ini akan menjadi pesaing serius bagi Yamaha NMAX 150 yang selama ini menguasai pasar skuter premium.

Selama ini AHM memiliki Honda PCX 150 namun karena didatangkan secara CBU dari Vietnam maka harganya pun jauh lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Memang kabar mengenai rencana untuk membuat lokal dari skuter bongsor tersebut sudah berhembus cukup lama. Akan tetapi untuk membuat lokal dari PCX tentu saja bukanlah hal mudah karena menurut pihak Honda Indonesia sendiri ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi.

Dibandingkan dengan Honda PCX secara desain Honda Forza memiliki tampilan yang lebih sporty terutama di bagian depan. Tidak ketinggalan hadir pula fitur-fitur unggulan seperti lampu LED, speedometer full digital dan tidak menurut kemungkinan pula sistem pengereman ABS.

Selain Thailand ternyata Honda Forza juga sudah dijual di Vietnam dengan mengusung teknologi ABS mesin 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 10,5 Kw pada putaran 8.750 rpm serta torsi puncak 12 Nm pada 8.250 rpm. Diprediksi AHM tidak akan memboyong Forza bermesin 300 cc karena selain kurang diminati juga terbentur oleh pajak pemerintah dan peraturan mengenai kepemilikan SIM C baru.

Jadi diprediksi Honda Indonesia hanya menjual versi 125 cc atau 150 cc saja karena secara harga pastinya lebih murah sehingga mampu bersaing melawan Yamaha NMAX. Honda Forza 125 di beberapa negara sudah didukung teknologi PGM-FI Electric Fuel Injection yang tentunya memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik yaitu mencapai 52,2 km/liter. Kelebihan lainnya yaitu di sektor suspensi motor ini memakai model Telescopic di bagian depan dan suspensi Twin untuk sektor belakang.

Sama seperti skuter-skuter bertubuh besar lainnya Honda Forza juga dibekali dengan ban berukuran besar yang berfungsi untuk membantu akselerasi pengendaranya. Motor ini memakai ban berukuran 120/70 – 15 untuk sektor depan dan 140/70 – 14 di bagian belakang.

Meskipun berada di segmen skuter premium namun diprediksi penjualan Honda Forza di Indonesia bisa cukup memuaskan mengingat saat ini masyarakat tanah air mulai menyukai motor matik bertubuh besar dengan tampilan lebih gagah. Kelebihan lain yaitu motor ini memiliki bagasi yang cukup luas yaitu mencapai 48 liter hingga mampu menampung satu buah helm.

Di Eropa Honda Forza 125 dengan teknologi PGM-FI mampu mengkonsumsi bahan bakar sangat hemat mencapai 50 kilometer untuk satu liter. Pihak Honda Eropa menghadirkan lima varian warna yang keren-keren untuk motor besar tersebut di antaranya moondust silver metallic, abu-abu metallic, mat pearl pacific blue, pearl nightstar hitam dan putih perpaduan hitam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here