Home Motor Motor Sport Perbedaan Yamaha Xabre 150 Indonesia Dengan M-Slaz Thailand

Perbedaan Yamaha Xabre 150 Indonesia Dengan M-Slaz Thailand

2357
0

OTONITY.com – Beda Yamaha Xabre 150 dan Yamaha M-Slaz, Pasar otomotif roda dua tanah air khusus di segmen motor sport diprediksi bakal semakin ramai di tahun 2016 ini. Setelah PT TVS Motor Company Indonesia meluncurkan New TVS Apache RTR200 beberapa waktu lalu kini giliran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) turut menghadirkan sport naked terbaru yaitu New Yamaha Xabre 150.

Yamaha Xabre ini sendiri merupakan nama lain dari MT-15 yang merupakan versi telanjang dari Yamaha R15. Sebelum masuk ke Indonesia motor keren dari pabrikan garpu tala tersebut sebelumnya sudah terlebih dulu diluncurkan di Thailand namun memakai nama lain yaitu Yamaha M-Slaz. Selain beda dari segi nama ternyata ada beberapa perbedaan lain yang dimiliki antara M-Slaz dan Xabre.

Seperti yang diterangkan oleh M Abidin selaku GM Service & Motorsport PT YIMM bahwa secara spesifikasi baik Yamaha Xabre Indonesia dengan M-Slaz Thailand sebenarnya tidak ada perbedaan sama sekali, namun ada satu bagian cukup mencolok dan berbeda yaitu hadirnya komponen canister yang hanya terpasang pada Yamaha M-Slaz saja, sedangkan pada versi Indonesia tidak terpasang fitur tersebut.

yamaha Xabre 2016 Terbaru

Abidin menambahkan tabung canister tersebut merupakan komponen tambahan yang berhubungan dengan masalah emisi dengan fungsi sebagai penampung gas seperti buangan pada bensin di tangki sehingga membuat kualitas emisi yang dihasilkan lebih bersih.

Dirinya menjelaskan alasan mengapa Yamaha Xabre Indonesia tidak memakai komponen tersebut karena standar emisi di tanah air tidak ketat seperti di Thailand. Jadi tidak mengherankan kalau beberapa motor sport yang diimpor utuh dari negeri gajah putih tersebut juga memiliki komponen tersebut. Salah satunya adalah Honda CBR250R yang didatangkan oleh importir umum sudah disematkan fitur canister, namun tidak terdapat pada versi yang didatangkan oleh AHM.

Abidin juga menambahkan New Yamaha Xabre 2016 Indonesia mengusung mesin yang sama dengan M-Slaz atau pun Yamaha R15 yaitu transmisi 150 cc 4 valve fuel injection dengan dukungan transmisi manual enam percepatan dan rasio kompresi 10,4:1. Selain sektor mesin kesamaan lain dengan saudara-saudaranya juga terdapat pada bagian kaki-kaki seperti upside down dengan inner tube 37 mm sedangkan untuk yang belakang menggunakan swing arm aluminium. Beralih ke bagian velg New Yamaha Xabre memiliki dimensi 2,75×17 untuk depan sedangkan yang belakang 3.50×17 dan dibalut ole ban dengan tipe IRC Exato berukuran 110/70-17 di depan dan 130/70-17 untuk belakang.

Sementara itu Valentino Rossi yang dipilih oleh PT YIMM untuk menjadi ambasador motor sport terbaru ini mengatakan dirinya sangat terkesan dengan Yamaha Xabre terutama di bagian teknologinya yang dikembangkan mirip seperti MotoGP. Perlu diketahui motor ini mengusung teknologi mesin DiASil Cylinder & Forged Piston yang juga dipakai oleh Yamaha M1 tunggangan Rossi dan Jorge Lorenzo.

Pebalap berusia 37 tahun ini menambahkan untuk akselerasi Yamaha Xabre lebih nyaman karena menggunakan ban tapak lebar serta dibekali tampang lebih agresif. Selain itu di bagian lampu depan didukung oleh teknologi LED dan dipadukan pula oleh speedometer full digital.

Yamaha Indonesia sudah membuka booking pemesanan melalui online sebanyak 1.000 unit dan hanya berlaku mulai 1-3 Februari 2016 saja. Pemesanan sendiri bisa dilakukan hanya dengan biaya Rp 1 juta dan ditambah 4 digit terakhir angka kode booking. Bagi yang membeli secara online konsumen bakal mendapat hadiah berupa jaket eksklusif Xabre.

New Yamaha Xabre 150 2016 untuk Indonesia tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Black Dagger (hitam), Silver Clarent (silver) dan Gunmetal Katana (abu-abu)dengan dibanderol mencapai Rp 29,8 juta atau sama dengan harga Yamaha R15.

Baca Juga : Spesifikasi Yamaha Xabre 150 2016 Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here