Home Motor Motor Matik Yamaha Mio Z Mulai Diperkenalkan, Pengganti Mio J dan Soul GT?

Yamaha Mio Z Mulai Diperkenalkan, Pengganti Mio J dan Soul GT?

1606
0

OTONITY.com – Motor Baru Yamaha Mio Z Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan Yamaha Xabre 150 saat acara dealer meeting yang digelar di Hotel Mulia, Nusa Dua, bali (26/1) kemarin. Menariknya ternyata pabrikan berlogo garpu tala ini juga memiliki satu model lagi yang berasal dari segmen motor matik.

Skuter baru bernama New Yamaha Mio Z tersebut memang tidak banyak diekspose oleh awak media karena pihak YIMM sendiri juga tidak menampilkan dengan lama. Sekilas motor matik keren tersebut sangat mirip dengan generasi sebelumnya yaitu Yamaha Mio M3, namun tetap saja ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar seperti dari warna, suspensi belakang dan penggunaan ban yang lebih besar.

Namun sayangnya belum ada informasi jelas dari PT YIMM mengenai spesifikasi lengkap dan juga harga resmi dari Yamaha Mio Z tersebut. Namun untuk sektor dapur pacu sepertinya versi baru ini tidak jauh berbeda dengan Mio M3 yaitu mengusung mesin berkapasitas 125 cc teknologi Blue Core.

Memang dalam satu tahun terakhir ini Yamaha Indonesia gencar menghadirkan motor-motor matik baru berkapasitas 125 cc lebih. Beberapa model pun sudah mendapat pembaruan termasuk Yamaha Fino Blue Core yang sebelumnya menggunakan mesin 110 cc berubah menjadi 125 cc. Hanya ada Yamaha X-Ride saja yang saat ini masih bertahan memakai mesin 110 cc.

Dengan mengusung nama Yamaha Mio Z diprediksi akan menjadi skuter baru untuk berada di atas Mio M3. Bahkan ada spekulasi kalau Mio Z akan menggantikan Yamaha Mio J yang dikabarkan bakal disuntik mati. Sebelumnya PT YIMM sudah menghadirkan warna baru untuk Yamaha Mio M3 ketika memasuki pergantian tahun. Tentu hadirnya keluarga baru dari Mio akan mendongkrak penjualan Yamaha di Indonesia sekaligus memperkuat pasar matik yang saat ini semakin sengit.

Spekulasi mengungkapkan Yamaha Mio Z dilahirkan untuk menggantikan Mio M3 yang secara pengucapan nama dianggap cukup menyulitkan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun hanya ada satu foto saja namun sekilas memang ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok terutama di sektor suspensi belakang lebih berwarna. Sedangkan di bagian depan didukung desain lampu lebih tajam, hanya saja belum diketahui apakah lampu depan tersebut sudah memakai teknologi LED atau belum.

Sedikit informasi bahwa Yamaha Mio J dan juga Yamaha Mio GT akan berhenti diproduksi pada tahun 2016 ini, kabar tersebut bahkan disampaikan langsung oleh Mohammad Masykur beberapa waktu lalu, “Tidak bisa jalan beriringan karena akan membebani produksi. Jadi kami akan stop produksi Mio J dan Mio GT,” jelasnya.

Dirinya menambahkan dua motor matik yang cukup populer di Indonesia tersebut akan distop produksinya mulai semester kedua tahun 2016 ini. Perlu diketahui Yamaha Mio J diluncurkan oleh YIMM pada tahun 2014 silam dengan mengusung mesin 110 cc teknologi YM-Jet Fuel Injection. Sementara itu Yamaha Mio GT diperkenalkan setahun kemudian dengan dapur pacu sama. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok seperti fairing depan, lampu dan stripping.

Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Yamaha Indonesia mengenai motor barunya tersebut. PT YIMM menjadi pabrikan otomotif yang paling aktif di awal tahun 2016 ini karena sudah meluncurkan beberapa motor baru seperti Yamaha Fino 125 Blue Core, Aerox 125LC, Xabre 150 dan livery baru pada Yamaha R25.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here