Home Motor Sirkuit Sentul Batal Gelar MotoGP 2017

Sirkuit Sentul Batal Gelar MotoGP 2017

520
0

OTONITY.com – Balap MotoGP 2017 Batal Digelar di Sirkuit Sentul, Gelaran MotoGP yang sedianya akan berlangsung di Indonesia pada musim 2017 mendatang ternyata mengalami banyak hambatan. Bahkan Sirkuit Internasional Sentul yang sedianya bakal menjadi tuan rumah batal dilaksanakan karena pemerintah memiliki pandangan lain.

Seperti yang dijelaskan oleh Gatot Dewa Broto selaku Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beberapa waktu lalu. Dirinya mengatakan kalau sirkuit paling besar di Indonesia tersebut tidak bisa menjadi tuan rumah MotoGP 2017 karena ada beberapa permasalahan, salah satunya yaitu mengenai biaya renovasi yang mencapai 200 miliar dianggap pemerintah terlalu memberatkan.

Gatot juga menambahkan menurut Presiden Joko Widodo pembatalan sirkuit Sentul juga harus bermasalah dengan akses tol serta pemukiman warga sehingga menjadi kendala yang pasti membuat permasalahan tersendiri. Kendati demikian penyelenggaraan MotoGP di Indonesia tidak dibatalkan karena pemerintah tengah berupaya untuk membuat sebuah sirkuit baru yang lebih baik dari Sentul dan pastinya sudah standar international sesuai permintaan pihak Dorna selaku panitia penyelenggara balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Marquez Di Sirkuit Sentul

Namun Gatot tidak mengetahui secara pasti dimana sirkuit baru tersebut akan dibangun, namun dirinya memberikan bocoran kalau rencananya lokasi yang dibangun bisa saja di Palembang karena sudah memenuhi syarat Badan Milik Negara (BMN).

Presiden Jokowi juga pernah mengungkapkan kalau gelaran MotoGP di Indonesia harus ditinjau ulang apakah semuanya benar-benar siap atau tidak mulai dari pengelolaan hingga lokasi balapan. Sirkuit Sentul sendiri juga bukanlah milik pemerintah melainkan punya swasta.

Rencananya pihak Kemenpora akan mengumumkan lokasi sirkuit baru yang akan digunakan untuk menggelar MotoGP 2017 pada hari Jumat (29/1) besok. Namun sayangnya banyak pihak menganggap tenggat waktu yang hanya satu tahun sepertinya akan sulit bagi pemerintah untuk membangun sirkuit baru. Tetapi apabila menggunakan sirkuit Sentul juga sudah tidak memungkinkan karena terbentur berbagai permasalahan termasuk kepemilikan dan juga biaya renovasi yang terlalu besar.

Baca Juga : Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here