Home Ford Ini Daftar Diskon Harga Mobil Ford di Indonesia Usai Diberitakan Bubar

Ini Daftar Diskon Harga Mobil Ford di Indonesia Usai Diberitakan Bubar

1870
0

OTONITY.com – Mobil Ford Indonesia Diskon Harga, PT Ford Motor Indonesia (FMI) dipastikan sudah tidak akan beroperasi lagi mulai pertengahan tahun 2016 ini. Hal tersebut dikarenakan pabrikan asal Amerika Serikat tersebut tidak mampu bersaing melawan para kompetitornya yang berasal dari Jepang. Tentu saja keputusan yang diambil oleh FMI langsung berimbas pada penjualan mobilnya di Indonesia pada sisa tahun ini.

Tidak hanya harga jual dari mobil bekasnya saja yang merosot namun untuk mobil baru Ford di Indonesia pun juga harus dilakukan diskon besar-besaran untuk bisa meraih hasil maksimal. Menurut lansiran laman otomotifnet beberapa dealer milik Ford di kawasan Jakarta Barat dan Tangerang telah melakukan potongan harga bagi konsumen yang berminat membeli.

Besaran diskonnya pun beragam yaitu mulai Rp 25 juta sampai yang tertinggi hingga 30 juta. Salah satu tenaga penjual di dealer tersebut menjelaskan diskon paling besar diberikan kepada model Ford EcoSport yaitu Rp 25-30 jutaan tergantung tipe. Sedangkan untuk Ford Ranger mengalami potongan harga sekitar Rp 20 jutaan.

Ford EcoSport Indonesia

Selain Ford EcoSport dan Ranger ada satu lagi produk yang ikut mendapat diskon harga yaitu Ford Focus namun hanya sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 jutaan saja. Sedangkan untuk Ford Everest sampai saat ini belum ada diskon karena terhitung masih keluaran terbaru.

Memang keputusan Ford Indonesia untuk membubarkan diri cukup mengejutkan banyak pihak. Kendati demikian menurut pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) keluarnya pabrikan asal negeri Paman Sam dari pasar tanah air tidak akan terlalu berpengaruh terhadap target yang sudah ditetapkan. Pasalnya di tahun 2015 kemarin Ford hanya mampu menjual sedikit kendaraan.

Keputusan bubarnya PT FMI sepertinya merupakan bagian rencana dari pihak Ford Motor Co. Pasalnya selain di Indonesia Ford Jepang juga sudah terlebih dulu bubar dengan alasan yang tidak jauh berbeda yaitu kalah bersaing. Sebenarnya beberapa produk dari Ford cukup diminati di Indonesia seperti Fiesta, Everest dan juga EcoSport, namun sayangnya dengan harga relatif lebih mahal serta belum terlalu banyak memiliki dealer yang tersebar membuat calon konsumen lebih memilih produk-produk kendaraan roda empat buatan Jepang.

Ford menjadi Agen Pemegang Merek (APM) kedua yang memutuskan untuk keluar dari pasar otomotif Indonesia. Sebelumnya pabrikan asal AS lainnya yaitu Chevrolet sudah terlebih dulu memilih hengkang karena tidak mampu bersaing.

Sebenarnya banyak pihak yang cukup menyayangkan keputusan FMI tersebut terutama dari para konsumen setianya, mereka beralasan jika Ford di Indonesia sudah tidak beroperasi lagi maka untuk masalah perawatan dan juga pergantian suku cadang tentu saja menjadi semakin sulit. Apalagi merek ini berasal dari luar Asia sehingga untuk mendatangkan onderdil baru dipastikan akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Sementara itu menurut salah satu tenaga penjual di dealer Ford yang ada di kawasan Kelapa Gading harga dari Fiesta saat ini mulai Rp 242,96 juta, kemudian untuk EcoSport dibanderol Rp 258 jutaan, Ford Focus Rp 458 jutaan, Everest Rp 587,64 juta dan Ford Ranger Rp 339,8 juta.

Penjualan mobil Ford di Indonesia memang terus mengalami penurunan dalam lima tahun terakhir, namun di negeri asalnya Ford justru sangat diminati dan terbukti di tahun 2015 kemarin penjualan mobil ini mencapai 2.613.162 unit. Jumlah tersebut bahkan meningkat hingga 5,33 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 2.480.942 unit. Selain itu Ford juga menguasai pasar otomotif Amerika Serikat mencapai 33,76 persen dari total penjualan mobil di negara tersebut yag mencapai 7.740.912 unit pada 2015 kemarin.

Baca Juga : Alasan Ford Indonesia Tutup Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here