Home Honda Ini Penyebab Honda S660 Sulit Masuk Indonesia

Ini Penyebab Honda S660 Sulit Masuk Indonesia

1257
0

OTONITY.com – Mobil Sport Honda S660 Terbaru di Indonesia, Honda S660 menjadi mobil sport mungil yang sangat populer di negara asalnya yaitu Jepang, bahkan peminat kei car ini sangatlah tinggi mulai dari konsumen usia muda, dewasa hingga orang tua. Meskipun sangat laris di negeri Samurai namun hal tersebut sepertinya tidak akan berlaku apabila masuk ke Indonesia.

Seperti yang diungkapkan oleh Jonfis Fandy selaku Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) bahwa Honda S660 sampai saat ini tidak ada rencana untuk dijual di Indonesia karena beberapa alasan. Dirinya menambahkan di Jepang saja mobil sport kecil ini mengalami inden hingga dua tahun, jadi bisa dibayangkan berapa lama waktu bagi konsumen tanah air yang berniat untuk memesan.

Inden yang terhitung lama tersebut membuat peluang Honda S660 untuk keluar dari Jepang menjadi sangat kecil karena di negara asalnya saja sangat diminati. Perlu diketahui mobil sport yang satu ini mengusung desain sangat elegan dan istimewa, pesaing Daihatsu Copen ini pertama kali diperkenalkan dalam bentuk konsep di ajang Tokyo Motor Show 2013 dan untuk versi produksinya mulai dipasarkan di Jepang pada 2015 lalu.

Honda S660

Sport Car Honda S660 mengusung mesin yang cukup kecil yaitu 660 cc tiga silinder DOHC namun disandingkan oleh teknologi turbo sehingga tenaganya pun terbilang sangat mengesankan. Mobil ini memiliki dua pilihan transmisi yaitu enam percepatan dan CVT tujuh percepatan yang dapat diaktifkan melalui mode sport di tuas transmisi serta paddle shift dekat kemudi.

Kendati demikian PT HPM mengakui kalau Honda S660 menjadi kendaraan yang bisa saja menjadi tren tersendiri berkat tampilan keren, mesin turbo serta rear wheel drive yang jarang dimiliki oleh kendaraan lain. Masyarakat Jepang sendiri terkenal dengan konsumen yang gemar terhadap kendaraan kei car atau mobil mungil.

Namun Honda S660 tidak hanya sebuah kei car saja karena memiliki tampilan dan juga tenaga yang berbeda. Mobil ini mengadopsi konfigurasi konfigurasi midship engine dan rear wheel drive (MR) dengan dibekali fitur-fitur penting seperti city brake active system, emergency stop signal (ESS), hill start assist (HSA), vehicle stability assist (VSA) dan SRS airbag.

Di negeri asalnya saja mobil ini dibanderol mencapai Rp 400 jutaan sehingga untuk masuk Indonesia pun menjadi sangat mustahil. Apalagi apabila dijual di tanah air sudah pasti Honda S660 didatangkan secara impor sehingga harganya pun mengalami kenaikan. Bahkan menurut Jonfis Fandy harga sport car ini sudah masuk ke Indonesia melalui Importir Umum (IU) dengan harga jauh lebih mahal yaitu Rp 800 jutaan.

Perlu diketahui Honda S660 versi CVT dilengkapi dengan head unit OEM, paddle shift, cruise control dan panel instrumen bergaya keren. Meskipun hanya dibekali mesin 660 cc namun tenaga yang dihasilkan mencapai 64 hp dengan torsi 104 Nm dan diklaim sanggup menyentuh kecepatan puncak hingga 140 km/jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here