Home Kawasaki Kawasaki J125 Tidak Akan Dijual di Indonesia Dalam Waktu Dekat

Kawasaki J125 Tidak Akan Dijual di Indonesia Dalam Waktu Dekat

1977
0

OTONITY.com – Motor Matic Kawasaki J125 Terbaru, Di tahun 2016 ini PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bakal memperkuat pasar motor sport premium dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas sekaligus memastikan diri kalau pabrikan asal Jepang ini tidak akan menjual motor matik kendati segmen tersebut di Indonesia sedang ramai.

Menurut KMI ada beberapa alasan mengapa pihaknya tidak menjual motor matik di Indonesia dan salah satunya adalah karena masalah harga. Seperti yang dijelaskan oleh Michael Chandra Tanadhi selaku Deputy Head Sales and Promotion Department KMI bahwa sepertinya tidak mungkin untuk memproduksi skuter murah untuk pasar Indonesia karena sudah banyak pesaingnya. Sedangkan jika menjual motor matik premium seperti Kawasaki J125 atau J300 tentu saja harganya akan sangat tinggi.

Dirinya menambahkan penjualan motor premium yang didatangkan secara impor terkendala dengan adanya pajak barang mewah (PPnBM) sehingga harga dari produk tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan di negara asalnya sehingga untuk bisa bersaing dengan skuter yang sudah ada di Indonesia jelas sangat sulit.

Kawasaki J125 2016 Baru

Seperti diketahui motor matik bongsor nan keren bernama Kawasaki J125 baru saja meluncur di kawasan Eropa. selain memiliki tampang yang sangar motor tersebut juga didukung dengan deretan fitur canggih didalamnya. Namun untuk melihat peluang J 125 untuk masuk ke Indonesia sepertinya tidak akan mungkin karena menurut Chandra motor tersebut memang khusus diproduksi untuk Eropa sehingga belum tentu cocok jika di jual di tanah air.

Untuk itulah pihak Kawasaki Indonesia lebih memilih fokus dalam memperkuat segmen motor sport dan offroad yang saat ini sudah cukup digemari oleh masyarakat. Beberapa andalan PT KMI yang siap memperkuat brand ‘Hijau’ tersebut di antaranya Kawasaki Ninja RR Mono, Kawasaki Ninja 250 FI dan Kawasaki KLX Series di segmen offroad.

Jadi sudah dipastikan untuk tahun 2016 ini lagi-lagi Kawasaki Indonesia memastikan tidak akan menjual motor matik meskipun ada beberapa pecinta otomotif yang berminat karena menganggap Kawasaki J125 bisa menjadi pesaing serius bagi Yamaha NMAX dan juga Honda PCX.

Di Eropa sendiri ada dua line up motor matik Kawasaki yang sudah beredar yaitu J125 dan J300 dengan tampang tidak jauh berbeda namun untuk urusan tenaga jelas ada perbedaan karena masing-masing memakai mesin 125 cc dan 300 cc.

Meskipun untuk yang Kawasaki J125 memiliki peluang lebih besar masuk ke Indonesia karena tidak terkena pajak PPnBM namun tetap KMI beralasan kalau motor matik tersebut khusus untuk Eropa. Skuter bongsor dengan fitur modern ini Di Eropa dibanderol mencapai 3.799 Euro atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 58,3 jutaan. Sementara itu untuk J125 Special Edition memiliki harga 3.899 Euro atau sekitar Rp 59,9 jutaan.

Dengan ungkapan dari Chandra Tanadhi tersebut sudah jelas kalau PT KMI memang tidak ingin bermain di segmen motor murah dan lebih memilih di pasar premium. Seperti yang kita ketahui Indonesia menjadi salah satu negara dengan penjualan motor matik yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan skuter di tanah air dibanderol dengan harga relatif terjangkau yaitu berkisar Rp 14 juta hingga Rp 20 jutaan.

Selain itu PT KMI memang lebih memilih untuk memperkuat segmen motor sport karena selama ini pabrikan asal Jepang tersebut lebih dikenal sebagai produsen sportbike berkualitas dan setiap produk yang dikeluarkan selalu menjadi pusat perhatian bagi pecinta motor sport baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here