Home Motor 6 Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

6 Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

4650
0

OTONITY.com – Penyebab Warna Cat Motor Memudar, Bagi sebagian orang memiliki kendaraan khususnya sepeda motor dengan cat yang mengkilap menjadi kebanggaan tersendiri karena membuat pemilik menjadi lebih percaya diri. Untuk membuat motor tersebut selalu bersih tentu saja bukan perkara yang mudah dan murah mengingat harus dilakukan perawatan secara berkala serta menggunakan sampo khusus. Ada beberapa penyebab yang harus anda ketahui mengapa warna motor menjadi kusam padahal sering dilakukan perawatan.

Berikut penyebab cat motor menjadi kusam dan cara mencegahnya :

Panas matahari

panas matahari yang terlalu menyengat bisa membuat warna motor menjadi lebih cepat memudar. Radiasi sinar ultra violet yang dihasilkan oleh matahari mampu membuat lapisan kulit menjadi pecah-pecah dan kusam. Biasanya hal ini terjadi pada kendaraan yang sering parkir atau ditempatkan di ruang terbuka tanpa atap. Bayangkan saja jika hal tersebut anda lakukan setiap hari selama berjam-jam, lihat saja hasilnya dalam beberapa pekan ke depan maka warna cat motor anda akan terlihat semakin buruk.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mencari tempat parkir yang memiliki atap atau bisa juga di bawah pohon besar, namun jika terpaksa parkir di tempat terbuka sebaiknya lindungi kendaraan anda menggunakan sarung motor yang saat ini sudah dijual bebas di toko-toko aksesoris sepeda motor.

Debu

Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai hal ini, namun debu yang menumpuk terlalu banyak di bodi motor ternyata membuat kilap dari cat menjadi berkurang. Selain itu partikel-partikel debu tersebut juga bisa merusak cat melalui goresan.

Untuk mencegah hal ini tersebut terjadi pada kendaraan anda caranya sangatlah mudah yaitu cuci motor secara rutin, atau jika perlu selalu bersihkan menggunakan kain halus setiap hari. Dengan begitu dijamin warna cat pada motor anda akan selalu tampil mengkilap seperti baru.

Air hujan

Satu lagi penyebab pudarnya cat pada kendaraan bermotor yaitu air hujan, perlu anda ketahui bahwa air hujan mengandung zat asam nitrat yang berbahaya bagi lapisan cat motor, zat tersebut dihasilkan oleh polusi udara terutama di daerah perkotaan yang kemudian menjadi air hujan. Selain bisa merusak warna bodi kendaraan air hujan juga dapat mempercepat proses korosi pada beberapa bagian motor seperti mesin, sasis dan benda logam lainnya.

Untuk mengatasinya anda harus langsung mencuci motor menggunakan air bersih yang mengalir, bilas semua bagian yang terkena air hujan terutama di bagian velg, bodi dan kolong mesin.

Minyak

Kendati jarang terjadi namun yang anda harus waspada apabila sedang melakukan pergantian minyak pada rem cakram. Cairan ini merupakan musuh utama bagi cat bodi motor karena jika sampai terkena dan tidak segera dibersihkan maka warna kendaraan anda langsung terlihat kusam, selain minyak rem sebaiknya anda juga harus berhati-hati saat melakukan pengisian bahan bakar karena cairan BBM yang mengenai bodi motor bisa mempengaruhi warna cat tersebut.

Salah mencuci

Ada baiknya ketika mencuci motor anda gunakanlah sampoo khusus yang tidak memiliki kandungan kimia berbahaya. Hindari menggunakan sabun colek atau sabun deterjen karena sangat tidak dianjurkan sekali karena dapat merusak cat motor.

Solusinya gunakanlah sampo khusus mencuci motor yang biasanya tersedia di toko-toko. Selain itu waktu yang tepat saat mencuci kendaraan adalah pagi atau sore hari.

Salah saat pengeringan

Ternyata setelah mencuci pun ada cara tersendiri supaya saat melakukan pengeringan tidak berdampak buruk bagi cat motor anda. Biasanya karena kurang teliti setelah mencuci pasti timbul bercak bekas air atau jamur yang pastinya sangat mengganggu keindahan dari bodi kendaraan.

Untuk itu sebaiknya gunakan kain pengering yang benar-benar bersih dan halus, jangan lupa bersihkan semua bagian seperti kolong mesin, suspensi, velg sampai jari-jari velg.

Baca Juga : Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Mengkilap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here