Home Mobil All New Toyota Fortuner 2016 Lebih Irit BBM 17 Persen Ketimbang Versi...

All New Toyota Fortuner 2016 Lebih Irit BBM 17 Persen Ketimbang Versi Lawas

2380
0

OTONITY.com – Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner 2016 Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mulai menjual generasi terbaru dari Toyota Fortuner sejak bulan Januari 2016 kemarin. Mobil SUV tujuh penumpang ini tidak hanya mengalami perubahan di sektor eksterior dan interiornya saja namun di bagian dapur pacunya pun juga turut mendapat sentuhan baru.

Sebelum diluncurkan secara resmi ke pasar tanah air PT TAM terlebih dulu melakukan serangkaian tes internal guna mengetahui efisiensi bahan bakar dari All New Toyota Fortuner 2016 tersebut. Hasilnya pesaing Mitsubishi Pajero Sport ini lebih irit hingga 17 persen dibandingkan dengan versi lawas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dadi Hendriadi selaku General Manager Technical Service PT TAM, menurutnya untuk masalah berapa kilometer saat menggunakan satu liter bahan bakar Dirinya tidak mengetahui secara past karena konsumsi BBM akan sangat bergantung pada masalah kondisi jalan. Namun yang jelas mesin dari Toyota Fortuner 2016 ini jauh lebih irit dibandingkan model lama baik itu untuk mesin bensin maupun diesel.

Toyota Fortuner 2016 Irit BBM

Dadi menambahkan hasil tes tersebut dilakukan dengan melakukan pengujian di berbagai kondisi jalan antara dalam kota dan luar kota. Cara berkendaranya pun juga disesuaikan dengan membawa mobil pada umumnya, namun untuk jalanan macet Dirinya memastikan kalau konsumsi BBM dari mobil SUV terbaruya ini tidak akan mencapai 16 persen lebih irit karena kondisi jalan norma dibandingkan macet jelas berbeda.

“Kalau macet banyak stop and go dan jelas lebih boros ketimbang jalanan lancar,” ungkapnya

Seperti diketahui All New Toyota Fortuner 2016 mengusung dua pilihan mesin yaitu bensin berkapasitas 2.694 cc dengan didukung teknologi Dual VVT-I, sedangkan untuk mesin diesel 2.393 cc VNT. Khusus untuk mesin bensin memakai sistem pembakaran injeksi dan pada varian diesel menggunakan sistem common rail. Keduanya sama-sama dibekali oleh kapasitas tangki mencapai 80 liter.

Mesin baru yang dimiliki oleh Toyota Fortuner ini memakai model GD seperti pada All New Toyota Innova. Keunggulan dari mesin tersebut yaitu efisiensi bahan bakar lebih baik sehingga tenaga yang dihasilkan pun menjadi lebih besar namun tetap irit. Untuk mesin bensin 2.7 liter DUal VVT-i sanggup menghasilkan tenaga mencapai 163 Ps sedangkan pada diesel 2.4 liter VNT memiliki tenaga 149,6 Ps.

Namun pada mesin Toyota Fortuner 2016 versi Indonesia memiliki perbedaan dengan yang ada Di Thailand, di negara Gajah Putih tersebut tersedia mesin diesel 2. 8 liter yang pastinya memiliki tenaga lebih besar. Menurut Henry Tanoto selaku Vice President Director PT TAM alasan mengapa pihaknya memilih diesel 2.4 liter karena masyarakat tanah air lebih menyukai mesin kecil.

Sementara itu Hiroki Nakajima yang menjabat sebagai Chief Engineer Toyota IMV Project mengatakan setiap negara memiliki peraturan emisi yang berbeda-beda dan untuk Indonesia memang lebih cocok untuk menggunakan 2.4 liter.

Selain itu alasan lain memboyong mesin kecil yaitu karena tidak akan terkena imbas Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku untuk kendaraan mesin diesel di bawah 2.5 liter sehingga harganya pun menjadi lebih murah. Jika Toyota Fortuner terbaru di Indonesia memiliki varian mesin 2.8 liter maka harga jualnya jauh lebih mahal yang tentu saja akan berimbas pada jumlah penjualan.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Toyota Fortuner 2016 Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here