Mabua Nyerah Jual Moge Harley-Davidson di Indonesia?

0

OTONITY.com – Harley Davidson Indonesia Ditutup, Belum reda kabar Ford yang hengkang dari Indonesia kini giliran PT Mabua Harley-Davidson menyatakan sudah tidak mampu lagi bertahan di pasar tanah air sejak tanggal 31 Desember 2015 silam. Banyak alasan yang menyebabkan APM kendaraan berkelas tersebut sudah tidak mau melanjutkan kerjasamanya di Indonesia.

Kabar mengenai berhentinya penjualan motor Harley-Davidson di Indonesia mencuat ketika dokumen internal dari Djonnie Rahmat selaku Direktur PT Mabua di tanah air bocor ke media. Kendati begitu pihak Mabua masih tidak ingin memberikan keterangan dan baru akan menggelar konferensi pers pada 10 Februari 2016 mendatang untuk memberikan kejelasan kabar tersebut.

Namun menurut salah seorang sumber mengatakan kalau berita tersebut memang benar, Dirinya juga menjelaskan perusahaan ini tidak mampu bertahan di Indonesia karena imbas kebijakan pemerintah dimana pajak impor untuk motor berkapasitas besar mencapai 300 persen, belum lagi ditambah bea balik nama dan masih banyak lagi yang membuat harga moge di Indonesia semakin melambung tinggi.

Harley Davidson Street 500

Dengan pajak hingga 300 persen tentu saja sangat sulit bagi Harley-Davidson bisa bertahan di Indonesia, apalagi saat ini pasar tengah lesu sehingga membuat minat beli masyarakat juga semakin menurun.

Hengkangnya beberapa pabrikan non-Jepang di Indonesia memang sudah bisa diprediksi karena dalam beberapa tahun terakhir kondisi perekonomian dalam negeri sedang mengalami penurunan. Ditambah lagi kebijakan pemerintah mengenai pajak yang terus berubah-ubah membuat para pemegang merek asing semakin sulit untuk bisa berkembang.

Dalam isi surat dari PT Mabua Harley-Davidson yang bocor di media pabrikan motor legendaris tersebut babak belur di pasar Indonesia dengan penjualan yang terus menurun di setiap tahunnya. Belum lagi kondisi rupiah yang masih belum stabil membuat HD semakin terpuruk dan sepertinya lebih memilih untuk hengkang dari Indonesia.

Meskipun dikabarkan sudah tutup namun pihak Mabua Indonesia masih memberikan pelayanan aftersales bagi para pelanggannya dalam beberapa waktu kedepan. Selain berimbas terhadap para pecinta moge di tanah air perginya merek Harley-Davidson di Indonesia juga berdampak pada nasib para karyawan yang sudah dipastikan akan mengalami pensiun dini.

Baca Juga : Alasan Mabua Harley Davidson Indonesia Tutup

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY