Home Mobil Perbedaan Toyota Innova Crysta India dan Kijang Innova Indonesia

Perbedaan Toyota Innova Crysta India dan Kijang Innova Indonesia

2092
0

OTONITY.com – Perbandingan Toyota Kijang Innova dan Innova Crysta Terbaru, Toyota Kijang Innova kini punya kembaran di India dengan nama Innova Crysta. Kedua mobil MPV tersebut sebenarnya sekilas tidak ada perbedaan sama sekali, namun untuk sektor dapur pacu versi India mengalami perubahan.

New Toyota Innova Crysta pertama kali diperkenalkan di negeri hindustan tersebut pada ajang India Auto Expo 2016 melalui Toyota Kirloskar Motor selaku agen pemegang mereka Toyota di india. Ada beberapa perbedaan antara Innova di Indonesia dengan India dan salah satunya tentu saja masalah emblem.

Pada Toyota Innova Crysta terdapat emblem dibelakang bodi bertuliskan 2.8 Z yang berarti mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc sama seperti yang digunakan oleh Toyota Hilux terbaru dan Toyota Fortuner generasi kedua. Sedangkan di Indonesia tidak memiliki emblem tersebut karena mesin yang digunakan yaitu diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc.

Toyota Kijang Innova 2016 Indonesia

Dari tenaganya pun jelas berbeda dan tentu saja versi India yang memakai mesin berkapasitas besar lebih diunggulkan yang mencapai 177 hp pada putaran 3.400 rpm. Sedangkan mobil MPV Innova Indonesia hanya memiliki tenaga 149 hp pada putaran yang sama. Begitu pun dengan torsinya dimana Innova Crysta sanggup menembus angka 450 Nm, sementara itu Kijang Innova sekitar 400 Nm saja.

Persamaan keduanya di sektor mesin hanya terdapat pada transmisi yang digunakan yaitu teknologi Sport Sequential Shiftmatic enam percepatan dengan sistem otomatis. Kemudian di bagian eksterior baik Toyota Kijang Innova maupun Innova Crysta nyaris tidak ada perbedaan, misalnya saja lampu depan dengan dukungan LED yang mengusung tampilan elegan, kemudian di bagian velg keduanya sama-sama memiliki dimensi 17 inci.

Namun untuk Toyota Innova Crysta sedikit lebih mewah berkat cover spion baru dengan warna lebih gelap, sedangkan di Indonesia bagian tersebut menggunakan warna senada dengan bodinya. Beralih ke ruang kabin Innova Crysta terlihat lebih modern berkat pengaturan jok yang sudah menggunakan model tombol, berbeda dengan Kijang Innova yang masih memakai model tuas. Sementara itu untuk joknya sendiri lebih dominan berwarna coklat.

Perbedaan lain juga turut meliputi sektor head unit karena untuk Innova Crysta mengusung layar sentuh berukuran 7 inch, sementara itu Kijang Innova memiliki layar 8 inch. Namun di bagian ini versi Indonesia lebih diunggulkan sebab sudah tertanam beberapa fitur menarik seperti DLNA, Air Gesture dan Miracast. Hanya saja di Innova Crysta terdapat tuas kecl untuk mengaktifkan Cruise Control sedangkan di Indonesia tidak memiliki fitur tersebut.

Untuk soal harga memang Toyota Innova Crysta belum diumumkan secara resmi, kendati demikian menurut bocoran baderolnya akan berada di kisaran 18019 Lakh INR atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 360-380 jutaan. Angka tersebut jelas lebih murah dibandingkan dengan versi Indonesia yang untuk tipe 2.4 Q AT dijual dengan harga tembus Rp 423,8 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here