Home Daihatsu Daihatsu Indonesia Sukses Jual 14.505 Mobil Sepanjang Januari 2016

Daihatsu Indonesia Sukses Jual 14.505 Mobil Sepanjang Januari 2016

872
0

OTONITY.com – Penjualan Mobil Terbaru Daihatsu di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terbilang cukup sukses di awal tahun 2016 ini, secara total pabrikan asal Jepang tersebut sukses menjual mobilnya di Indonesia mencapai 14.505 unit selama bulan Januari secara retailsales, sedangkan untuk penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) berhasil meraih angka 13.184 unit.

Dengan adanya data tersebut membuktikan kalau permintaan pasar atas produk Daihatsu dari dealer lebih tinggi dibandingkan pasokan pabrik ke dealer. Sementara itu Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT ADM mengatakan pihaknya mengawali tahun 2016 dengan cukup baik dan akan terus meningkatkan pelayanan penjualan serta purnajual dengan melakukan penambahan outlet supaya konsumen bisa lebih mudah dan cepat terlayani.

Selain itu pihak Daihatsu Indonesia juga tengah mempersiapkan produk-produk terbaru yang rencananya akan mulai dijual pada tahun 2016 ini. Amelia menambahkan akan ada produk improvement seperti Daihatsu Sirion Sport dan Daihatsu Terios Custom yang bakal dirilis pada pertengahan Februari ini.

Tahun lalu angka penjualan Astra Daihatsu Motor terbilang cukup sukses karena membukukan agka sebanyak 166.567 unit sepanjang 2015 untuk retailsales. Sedangkan secara wholesales penjualan ADM berhasil mencapai 167.808 unit. Beberapa model yang menjadi penyumbang tertinggi di antaranya Daihatsu Gran Max Minibus dan Pickup, Ayla, Great New Xenia serta Terios.

Meskipun di tahun 2015 kemarin pasar otomotif tengah mengalami penurunan yang lumayan buruk namun PT ADM menutupnya dengan restasi cukup membanggakan. pasalnya Daihatsu menjadi pabrikan yang tetap diminati oleh konsumen tanah air.

Menariknya produk terlaris justru bukan berasal dari mobil MPV seperti para pabrikan lain, melainkan melalui mobil niaga yaitu Daihatsu Gran Max Pikap yang untuk wholesales selama 2015 kemarin sanggup terjual sebanyak 59.512 unit atau menyumbang 35,5 persen. Sedangkan untuk Gran Max Minibus berhasl terjual sekitar 15.571 unit aau 9,3 persen.

Sedangkan untuk Daihatsu Xenia harus puas menempati peringkat kedua dengan mencatat penjualan sekitar 36.262 unit atau 21,6 persen. Berikutnya ada Daihatsu Ayla yang berada di posisi ketiga dengan 35.084 unit atau 20,9 persen dan untuk Daihatsu Terios hanya mamu terjual sebanyk 13.375 unit atau 8 persen saja. New Luxio menyumbang 4.242 unit atau 2,5 persen, Sirion 3.748 unit atau 2,2 persen dan Daihatsu Copen terjual 14 unit.

Dengan tren penjualan yang cukup positif di awal tahun 2016 ini diperkirakan Daihatsu Indonesia bakal meraih sukses seperti tahun kemarin, apalagi dalam waktu dekat akan ada beberapa produk baru yang diperkenalkan meskipun hanya sebatas perubahan kecil.

Sebenarnya PT ADM masih memiliki satu model konsep yang sempat diperkenalkan di sebuah pameran beberapa tahun silam, mobil tersebut yaitu UFC3 dan kabarnya akan menjadi adik dari Xenia-Avanza. Sayangnya belum ada informasi mengenai kapan produk baru tersebut bisa segera diproduksi secara resmi.

Kita tunggu saja produk-produk apa yang akan diperkenalkan oleh Daihatsu kepada para pecinta otomotif dalam negeri, tahun 2016 ini pihak GAIKINDO memprediksi kalau pasar kendaraan roda dua maupun roda empat akan sedikit lebih baik dibandingkan tahun lalu mengingat kondisi rupiah terhadap dolar yang mulai stabil. Bahkan meskipun ada kabar miring mengenai hengkangnya Ford dari Indonesia namun GAIKINDO tetap menargetkan penjualan tidak jauh berbeda dengan tahun kemarin yaitu di angka 1 juta unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here