Home Mobil Rio Haryanto Akhirnya Resmi Gabung Manor, Pebalap Indonesia Pertama Di F1

Rio Haryanto Akhirnya Resmi Gabung Manor, Pebalap Indonesia Pertama Di F1

683
0

OTONITY.com – Rio Haryanto Resmi Ikut F1 2016, Akhirnya Rio Haryanto resmi bergabung dengan tim Manor sekaligus menjadikannya sebagai pebalap Indonesia pertama yang berlaga di ajang balap Formula One (F1). Rio yang dalam beberapa tahun cukup sukses di ajang GP2 menggenapi daftar pebalap FI pada musim 2016 nanti.

Meskipun ini musim perdananya namun Rio akan berusaha tampil lebih baik dan siap untuk menjadi pesaing para pebalap-pebalap kelas dunia lainnya. Sebelumnya Manor menjadi satu-satunya tim F1 yang belum mendaftarkan pebalapnya hingga satu bulan penutupan, kepastian Rio sendiri baru diperoleh setelah pihaknya mendapat bantuan dari sponsor utama yaitu Pertamina, pemerintah dan pengusaha.

Di tim Manor Rio Haryanto akan bersanding dengan Pascal Wehrlein yang sebelumnya sudah ditunjuk terlebih dulu satu pekan sebelumnya. Rio sendiri akan berlaga selama satu musim penuh atau 21 seri termasuk lawatan ke Malaysia, Singapura dan Australia yang notebenya adalah tetangga Indonesia. Tentu saja antusias fans tanah air sangat besar jika Rio berlaga di tiga negara tersebut.

Di musim 2016 nanti Rio akan memakai nomor 88 dan sudah mendapat persetujuan dari federasi balap Internasional atau FIA. “Saya sudah mengajukan nomor 88 sebelumnya dan akhirnya disetujui oleh Manor dan FIA,” ungkap Rio. Dalam waktu dekat Rio akan terbang ke Barcelona, Spanyol untuk menjalani tes pra musim perdana yang akan digelar pada 22-25 Februari mendatang.

Sedangkan untuk tes kedua berlangsung di sirkuit Catalunya pada 1-4 Maret. Rio dan juga pebalap FI lainnya baru memulai seri perdana di Australia pada 20 Maret 2016.

Untuk tim-tim besar seperti Ferrari atau Mercedes berlaga di satu musim balap bukanlah sebuah halangan karena dana mereka sudah terpenuhi, namun untuk tim-tim kecil seperti manor membutuhkan dana yang lebih banyak sehingga merekrut seorang driver dengan sponsor besar adalah solusi utamanya. Tidak mengherankan jika Rio harus mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk bisa bergabung dengan tim asal Inggris ini agar dapat ikut balap mobil paling bergengsi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here