Home Mobil Solarlite, BBM Baru Khusus Mesin Diesel Yang Siap Diluncurkan Tahun ini

Solarlite, BBM Baru Khusus Mesin Diesel Yang Siap Diluncurkan Tahun ini

2279
0

OTONITY.com – BBM Solarlite Terbaru Harga Dibawa Pertamina Dex, Setelah sukses meluncurkan Pertalite pada tahun lalu kini PT Pertamina (Persero) sedang mempersiapkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yang nantinya akan diberi nama Solarlite. Sesuai namanya BBM baru ini merupakan jenis Solar yang lebih baik dibandingkan dengan subsidi pemerintah. Rencananya Solarlite yang khusus untuk mesin diesel tersebut masih dalam tahap studi dan rencananya baru akan dijual pada semester kedua tahun 2016 ini.

Wianda Pusponegoro selaku VP Corporate Communication Pertamina mengatakan pihaknya masih terus melakukan studi untuk mendapat hasil yang sesuai dengan spesifikasi karena nantinya Solarlite ini kualitasnya akan berada di bawah Pertamina Dex dan di atas Solar subsidi. Dirinya menambahkan target peluncuran akan dilakukan pada tahun ini namun belum diketahui waktu pastinya.

Jika sebelumnya Pertalite berada di antara Pertamax Ron 92 dan bensin premium Ron 88 maka untuk Solarlite ini akan dijual ditengah-tengah Pertamina Dex dan Solar biasa. Memang bahan bakar dengan kualitas lebih baik sangat diperlukan sekali oleh pemilik kendaraan terutama mobil mesin diesel yang sudah dilengkapi teknologi common rail. Sebab semakin baik kualitas dari BBM tersebut maka kondisi mesin kendaraan pun juga semakin baik pula.

Sayangnya belum ada bocoran mengenai kadar sulfur dan juga bahan-bahan lain yang terkandung didalamnya karena memang saat ini masih dalam tahap uji lab. Nantinya setelah uji lab selesai pihak Pertamina akan mendaftarkan Solarlite tersebut ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) baru kemudian bisa dipasarkan ke para konsumen dengan cara bertahap seperti pada Pertalite dulu.

Untuk soal harga Wianda mematikan Solarlite akan lebih murah dari harga Pertamina Dex, namun untuk banderol pastinya dirinya enggan untuk memberikan bocoran karena keputusan baru akan diumumkan setelah pendaftaran ke Ditjen Migas. Perlu diketahui Pertamina Dex saat ini dijual dengan harga Rp 9.600 per liter, jadi sudah dipastikan Solarlite tidak akan lebih dari angka tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here