Home Honda Motor Listrik Honda EV-Cub Dipamerkan Di Universitas Indonesia

Motor Listrik Honda EV-Cub Dipamerkan Di Universitas Indonesia

559
0
SHARE

OTONITY.com – Honda EV-Cub Motor Listrik Terbaru Di Indonesia, Menurut rencana pihak Honda Motor Co, LTD secara resmi bakal mulai memasarkan motor listrik bernama Honda EV-Cub secara global termasuk ke Indonesia pada tahun 2018 mendatang. Terakhir kali motor bergaya klasik tersebut dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2015 beberapa bulan lalu.

Namun baru-baru ini Honda EV-Cub justru sudah nongol di Indonesia atau tepatnya di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat yang diboyong langsung oleh Honda Motor Co, LTD saat menjadi narasumber dalam diskusi Potential of Electric Vehicle as an Alternative Mobility Solution.

Fumihiko Ike selaku Chairman Honda Motor Co, LTD mengatakan sepeda motor listrik yang sedang dipamerkan tersebut bernama EV-Cub dan menjadi sebuah model dari mobilitas pribadi generasi berikutnya yang lebih ramah lingkungan dan disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Honda EV-Cub Indonesia Motor Listrik Terbaru

Dirinya menambahkan sebelum nantinya resmi dipasarkan Honda EV-Cub sudah beberapa kali dilakukan pengetesan dan juga penelitian agar bisa digunakan di jalan raya terutama di Indonesia dengan lalu lintasnya yang cukup padat. Tidak hanya itu saja Fumihiko juga mengungkapkan bahwa bagian paling istimewa dari Honda EV-Cub ini yaitu dalam pengisian baterainya karena dapat di ces dengan stop kontak langsung di dinding rumah sehingga tidak perlu lagi membutuhkan stasiun pengisian listrik khusus.

Selain itu baterainya pun juga bisa dilepas dari bodi sepeda motor yang tentu saja mempermudah pemilik dalam melakukan pengisian. Honda EV-Cub sendiri mengusung tampilan jadul ciri khas motor lawas tahun 70-an. Namun dengan adanya teknologi baru yang disematkan di dalamnya membuat motor ini juga layak jika disebut sebagai kendaraan masa depan.

Sayangnya sampai saat ini belum diketahui berapa perkiraan harga dari Honda EV-Cub ini karena penjualan resminya saja baru akan dilakukan pada akhir 2017 nanti dengan negara pertama yang akan menikmatinya yaitu Jepang. Sedangkan di Indonesia dan beberapa negara lain menyusul secara bertahap dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda seperti di negara asalnya.

Kita lihat saja apakah motor listrik ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia yang sampai sekarang masih mengandalkan kendaraan konvensional. Padahal dalam beberapa tahun terakhir sudah ada motor listrik yang masuk ke Indonesia seperti Zero Motorcycle dari Amerika Serikat dan sepeda listrik Italjet dari Italia atau ada juga motor listrik lokal bernama Selis dengan beberapa produk andalannya. Namun yang menjadi kendala dari kendaraan tersebut yaitu masalah harga karena masih terpaut cukup jauh dari banderol motor-motor biasa.

Memang perlu diakui bahwa perkembangan teknologi mobil maupun motor listrik di Indonesia terbilang cukup lamban dan bisa dikatakan kalah jauh dibandingkan dengan Thailand ataupun Singapura. Padahal secara sumber daya manusia sebenarnya Indonesia mampu untuk mengembangkan teknologi tersebut, hanya saja peran pemerintah yang masih kurang memang menjadi kendala tersendiri.

Selain itu Indonesia juga masih belum siap jika dilihat dari infrastrukturnya mengingat untuk mempermudah konsumen pemilik mobil listrik juga harus diperlukan stasiun pengisian khusus yang tentu saja memerlukan biaya tidak sedikit untuk membangunnya.

Padahal dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan listrik di Indonesia jelas akan menguntungkan banyak pihak, mulai dari tingkat emisi udara yang menurun hingga berkurangnya konsumsi bahan bakar. Diharapkan pemerintah memiliki peran yang lebih banyak dalam perkembangan teknologi seperti ini termasuk dalam hal informasi terhadap masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here