Tuesday, March 15th, 2016 - Motor, News, Oto Guide

OTONITY.com – Cara Perbaiki Busi Yang Sudah Mati Dengan Mudah, Busi menjadi komponen cukup penting pada kendaraan bermotor karena menjadi penghantar arus listrik. Sayangnya tidak semua pemilik kendaraan mengetahui kalau busi juga memiliki usia pakai sehingga apabila sudah rusak harus dibuang dan diganti dengan yang baru.

Salah satu tanda busi sudah tidak berfungsi lagi yaitu secara tiba-tiba motor mogok saat digunakan dan buat anda yang sering bepergian jarak jauh tentu hal tersebut sangatlah menjengkelkan, apalagi rute yang anda lalui jarang terdapat bengkel sepeda motor.

Bila kondisi seperti di atas terjadi pada diri anda sebaiknya jangan panik terlebih dulu karena ada cara sederhana bagaimana mengatasi busi yang sudah rusak tersebut bisa digunakan kembali meskipun hanya sebatas sementara saja, namun yang penting bisa membantu anda bisa sampai di rumah atau setidaknya sampai bertemu dengan bengkel terdekat.

Cara mengakalinya yaitu pecahkan keramik yang terdapat di bagian dalam bisi sampai menyisakan besi elektroda, setelah itu baru pasang kembali busi ke dalam rumahnya dan silahkan anda tes dengan menyalakan motor. Cara untuk memecahkan keramiknya pun juga tidka begitu sulit karena anda cukup mencongkelnya atau bisa juga memakai obeng min berukuran kecil yang dapat masuk ke celah antara keramik bagian dalam dengan drat.

Perlu diketahui lapisan keramik berfungsi sebagai sekering pelindung, sedangkan busi yang aus biasanya fungsi elektroda sudah mulai melemah sehingga setelah keramik dibuka maka akan terjadi peningkatan daya. Namun yang perlu diingat bahwa cara tersebut hanya sebatas sementara saja dan disarankan setelah menemui bengkel terdekat silahkan langsung ganti dengan yang baru.

Atau jika perlu anda bisa membeli busi motor baru sebanyak dua buah sebagai cadangan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain karena masalah aus biasanya busi juga akan mengalami kerusakan ketika pengendara nekat melintasi jalanan yang tergenang banjir. Jika busi terkena air maka motor pun akan mogok dan anda harus membersihkan bagian tersebut hingga benar-benar kering untuk kemudian dipasangkan kembali.

Motor Matik Jadi Boros Bensin, Ternyata Ini Penyebabnya

Cara Pasang Dan Memilih Box Motor Yang Benar Dan Tepat Guna

Tips Sebelum Membeli Moge Bekas / Seken

Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

Bahaya Pakai Jas Hujan Plonco

Motor Matic Yamaha XMAX 250 Meluncur, Ada 4 Pilihan Warna

Daftar Harga Aksesoris Suzuki GSX-R150 2017

Harga Aksesoris Resmi Suzuki GSX-S150 2017

Toyota Great Corolla – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat

Toyota Soluna Bekas – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat