Home Mobil Nissan Grand Livina Indonesia Model Terbaru Tidak Akan Diluncurkan Tahun Ini?

Nissan Grand Livina Indonesia Model Terbaru Tidak Akan Diluncurkan Tahun Ini?

4637
0

OTONITY.com – Nissan Grand Livina 2016 Tidak Jadi Dijual, Sebelumnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) diberitakan akan menghadirkan model terbaru dari MPV Nissan Grand Livina pada tahun 2016 ini. Namun menurut salah satu sumber internal dari PT NMI rencana tersebut sepertinya tidak jadi dilakukan karena ternyata setelah melihat pasar di awal tahun 2016 justru segmen SUV atau crossover yang mengalami peningkatan sedangkan untuk MPV bisa dikatakan hanya stagnan saja.

Tahun ini pasar otomotif dalam negeri memang sudah mulai membaik namun menurut sumber tersebut meluncurkan model baru dari Nissan Grand Livina sepertinya akan sulit dilakukan dan lebih baik memilih untuk menggenjot pasar SUV. Memang jika dibandingkan dengan para pesaingnya PT NMI terlambat untuk menghadirkan penyegaran pada Grand Livina, pasalnya para kompetitor lain di segmen MPV sudah lebih dulu menghadirkan perubahan mulai dari Toyota Grand New Avanza, Daihatsu Great New Xenia, Honda Mobilio hingga Suzuki Ertiga.

Masih menurut sumber internal PT NMI di tahun 2015 lalu penjualan Nissan Grand Livina anjlok mencapai 47 persen sedangkan SUV Nissan X-Trail justru meningkat hingga 87 persen. Diambil dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan Nissan Indonesia di tahun 2015 hanya mencapai 25.108 unit saja atau turun 24 persen dari tahun 2014 yang berhasil membukukan penjualan 33.286 unit.

Nissa Grand Livina 2015

Meskipun Tahun lalu Nissan Grand Livina masih menjadi penyumbang tertinggi dengan 8.283 unit namun angka tersebut sebenarnya merosot mencapai 47 persen dari tahun sebelumnya yang terjual 15.716 unit. Sedangkan di waktu bersamaan Nissan X-Trail tahun lalu terjual 7.705 unit atau naik drastis hingga 87 persen dari tahun 2014 yang 4.112 unit.

Budi Nur Mukmin selaku General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI mengungkapkan pihaknya memang tidak memiliki jadwal untuk meluncurkan Nissan Grand Livina versi terbaru pada tahun 2016 ini. Menurutnya meskipun tahun ini pihaknya menargetkan penjualan naik 10 persen namun bukan berarti akan ada model terbaru yang akan diluncurkan.

“Kenaikan penjualan bukan berarti hanya dari peluncuran model baru. Dengan model yang sudah dan oke pun kita bisa genjot. Caranya dengan layanan dan program penjualan yang bagus penjualan bisa naik. Kita optimistis itu,” jelasnya.

Budi juga tidak menampik kalau pada tahun 2016 ini pasar SUV sedang mengalami peningkatan yang cukup drastis berkat hadirnya model-model terbaru seperti Chevrolet Trax, Honda BR-V, Daihatsu Terios Custom, Toyota Rush TRD Sportivo 7, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana dengan Nissan X-Trail?

Sepertinya mobil SUV andalan PT NMI tersebut tidak akan mendapat penyegaran ataupun perubahan model pada tahun ini mengingat yang sekarang dijual saja sudah merupakan produk baru.

Sebelumnya PT NMI santer dikabarkan akan memberikan penyegaran baru pada Nissan Grand Livina untuk bisa bersaing melawan para kompetitornya. Segmen MPV memang masih menjadi yang terlaris di Indonesia namun itu berlaku pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia serta Honda Mobilio, sedangkan Nissan Livina kurang begitu diminati karena sudah lama tidak mendapat penyegaran.

Kendati demikian bukan tidak mungkin PT NMI akan memberikan kejutan-kejutan bagi para penggemar setianya, apalagi dalam waktu dekat akan ada pameran otomotif bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada April mendatang lalu di susul kemudian Pekan Raya Jakarta Kemayoran (PRJ) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari pabrikan asal Jepang ini apakah benar-benar tidak akan menghadirkan model terbaru di tahun 2016 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here