Home Motor Motor Matik Yamaha NMAX 150 Facelift Terbaru Segera Dirilis?

Yamaha NMAX 150 Facelift Terbaru Segera Dirilis?

2973
0

OTONITY.com – Yamaha NMAX Terbaru 2016 Facelift Di Indonesia, Kehadiran Yamaha NMAX 150 menjadi salah satu faktor mengapa penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tergolong cukup positif. Sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2014 lalu skuter bongsor berkapasitas 150 cc tersebut langsung menjadi buruan pecinta motor matik tanah air khususnya yang doyan dengan kegiatan touring.

Bahkan di dua bulan awal tahun 2016 ini saja Yamaha NMAX juga memberikan kontribusi yang cukup besar yaitu menyumbang penjualan hingga 13.999 unit atau naik 18,2 persen dibandingkan tahun lalu. Tidak bisa dipungkiri bahwa keluarga MAX series ini menjadi andalan baru bagi PT YIMM terutama di segmen motor matik meskipun secara keseluruhan skuter milik Honda masih menjadi raja di pasar Indonesia.

Saat ini Yamaha NMAX 150 di pasar Indonesia memiliki dua varian yaitu versi non ABS yang dibanderol Rp 24 juta dan varian ABS yang dilepas ke pasaran dengan harga mencapai Rp 27 juta. Menurut kabar yang beredar tidak lama lagi PT YIMM bakal memberikan penyegaran baru pada motor matik bongsor ini.

Yamaha NMAX 2016 Indonesia

Berita tersebut disampaikan langsung oleh Mohammad Masykur selaku Asisten GM Marketing PT YIMM yang mengungkapkan Yamaha NMAX Facelift tengah dipersiapkan dan untuk peluncurannya tinggal menunggu waktu yang tepat. Dirinya menambahkan Yamaha Indonesia biasanya akan mengeluarkan penyegaran pada produknya setiap tiga tahun sekali.

Seperti diketahui PT YIMM saat ini memproduksi keluarga MAX Series berkapasitas 150 cc tersebut di pabrik mereka yang berada di Pulogadung dengan jumlah produksi mencapai 20 ribu unit perbulan. Masykur menjelaskan total jumlah yang diproduksi tersebut tidak seluruhnya dijual di Indonesia karena hanya 15 ribu unit saja yang untuk memenuhi kebutuhan domestik dan sisanya di ekspor ke beberapa negara di Eropa serta Asia.

Bahkan karena permintaan yang tergolong cukup tinggi Yamaha Indonesia berencana akan menambah kapasitas produksi dari pesaing Honda PCX tersebut yakni mencapai 25 ribu unit per bulan pada semester kedua nanti.

Hanya saja untuk pasar luar negeri Yamaha NMAX mengalami beberapa perbedaan dibandingkan dengan Indonesia terutama di sektor mesin, salah satu contohnya seperti di negara Jepang dan beberapa negara Eropa yang mendapat jatah Yamaha NMAX buatan Indonesia namun dengan memakai mesin 125 cc, hal itu dikarenakan konsumen di negara-negara tersebut lebih menyukai motor matik bongsor namun mengusung mesin relatif kecil.

Beberapa negara yang saat ini sudah mulai memasarkan Yamaha NMAX diantaranya Jerman, Italia, Spanyol, Prancis dan Inggris. Sedangkan untuk negara Asia ada Malaysia, India hingga Jepang. Tentunya NMAX yang dijual di negara-negara tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi ABS dan tidak menawarkan varian Non ABS karena regulasi dari negara maju lebih ketat dibandingkan dengan Indonesia.

Sayangnya sampai saat ini pihak Yamaha Indonesia tidak memberikan informasi pasti mengenai perubahan baru pada versi facelift tersebut. Kendati demikian biasanya sentuhan baru lebih banyak meliputi bagian bodinya terutama grafis dan juga kelir.

Menariknya ada bocoran yang menyebutkan bahwa PT YIMM juga bakal memproduksi Yamaha NMAX 250 cc untuk melengkapi line up di pasar tanah air. Hadirnya model terbaru dengan mengusung mesin lebih besar jelas akan menambah kuat nama NMAX di Indonesia, apalagi motor matik bertubuh besar tersebut sampai sekarang tidak memiliki pesaing yang sepadan di pasar dalam negeri.

Meskipun ada skuter premium seperti Suzuki Brugman, Peugeot CityStar hingga Honda PCX namun semuanya masih didatangkan secara CBU sehingga harga jualnya pun jauh kalah ketimbang Yamaha NMAX yang diproduksi secara lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here