Home Motor Lorenzo Juara Di Seri Pembuka, Ini Hasil Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai...

Lorenzo Juara Di Seri Pembuka, Ini Hasil Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Qatar

1405
0

OTONITY.com – Klasemen Sementara MotoGP 2016 Terbaru, Pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo sukses memenangi seri pembuka MotoGP yang berlangsung di sirkuit Losail, Qatar pada hari Minggu (20/3) waktu setempat. Pria kelahiran Spanyol ini pun akhirnya berhasil memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 25 poin.

Pertarungan di seri Qatar sendiri terbilang cukup ketat dan menghadirkan beberapa kejutan, salah satunya yaitu Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha yang gagal naik podium karena hanya finish di urutan keempat.

Sementara itu Andrea Dovizioso dari tim Ducati berhasil finish di urutan kedua dan disusul Marc Marquez dari Honda di posisi ketiga. Sedangkan Dani Pedrosa hanya mampu finish diperingkat kelima.

MotoGP 2016 Qatar

Lorenzo sendiri finish dengan catatan waktu 42 menit 28 detik atau lebih cepat 2 detik dari Andrea Dovizioso. Sebenarnya sukses Lorenzo sudah mulai bisa diprediksi sejak tes pra musim hingga kualifikasi karena dirinya menjadi pebalap yang berhasil beradaptasi dengan menggunakan ban Michelin.

Sedangkan pebalap lain seperti Valentino Rossi masih mengalami kesulitan untuk bisa menyesuaikan ban baru tersebut. Sementara itu tim Repsol Honda juga terkendala dengan mesin baru yang terbilang lebih agresif dari tahun sebelumnya.

Sayangnya tim Suzuki yang digadang-gadang bakal memberikan kejutan justru hanya mampu menempatkan Maverick Vinales finish di urutan keenam dengan terpaut jarak cukup jauh dari Lorenzo.

Jalannya lomba Jorge Lorenzo di awal lam langsung mendapat perlawanan sengit dari duo Ducati yaitu Andrea Iannone dan Dovizioso. Meskipun sempat memberikan tekanan namun sayangnya Iannone terpaksa tidak mampu melanjutkan balapan setelah terjatuh dan keluar lintasan.

Lorenzo juga sempat bertarung sengit dengan Marc Marquez yang dari sejak awal lomba selalu membuntutinya. Namun pada akhirnya sang juara bertahan mampu terlepas dari tekanan yang diberikan oleh Marquez dan bahkan sanggup menyalip Dovizioso.

Sial bagi Dovi setelah tidak mampu mempertahankan posisi terdepan dirinya juga harus tekanan terus menerus dari Marquez dalam beberapa lap terakhir. Sementara itu Valentino Rossi yang pada musim lalu menempati podium pertama kini harus gigit jari karena motor tunggangannya masih kalah cepat dibanding Ducati ataupun Honda.

Sementara itu tim debutan MotoGP yaitu Aprilia sepertinya masih harus melakukan pengembangan pada mesinnya agar bisa bersaing melawan para kompetitor. Sebab seri yang berlangsung di Sirkuit Losail ini Aprilia hanya mampu finish di urutan ke-13 melalui Alvaro Bautista dengan catatan waktu 22 menit 41 detik lebih.

Seri selanjutnya akan berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina mulai tanggal 2 April untuk kualifikasi dan race berlangsung 3 April. Valentino Rossi yang berusaha untuk meraih gelar juara dunia ke sepuluh sepertinya akan berjuang lebih keras lagi, namun hal tersebut tentu saja akan mendapat perlawanan ketat dari para kompetitornya.

Apalagi di usianya yang kini sudah menginjak 37 tahun sulit untuk Rossi bisa bersaing melawan para pebalap muda. Sementara itu Jorge Lorenzo yang baru saja memenangi seri Qatar jelas memiliki peluang dan motivasi yang lebih besar ketimbang patriotnya tersebut.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2016 usai seri Qatar :

  1. Jorge Lorenzo – Movistar Yamaha MotoGP – 25 poin
  2. Andrea Dovizioso – Ducati Team – 20 poin
  3. Marc Marquez – Repsol Honda Team – 16 poin
  4. Valentino Rossi – Movistar Yamaha MotoGP – 13 poin
  5. Dani Pedrosa – Repsol Honda Team – 11 poin
  6. Maverick Vinales – Team Suzuki Ecstar – 10 poin
  7. Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 – 9 poin
  8. Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 – 8 poin
  9. Hector Barbera – Avintia Racing – 7 poin
  10. Scott Redding – Octo Pramac Yakhnich – 6 poin
  11. Aleix Espargaro – Team Suzuki Ecstar – 5 poin
  12. Eugene Laverty – Aspar MotoGP Team – 4 poin
  13. Alvaro Bautista – Factory Aprilia Gresini – 3 poin
  14. Jack Miller – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS – 2 poin
  15. Tito Rabat – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS – 1 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here