Home Mobil Rio Gagal Finish, Rosberg Juarai F1 2016 Seri Australia

Rio Gagal Finish, Rosberg Juarai F1 2016 Seri Australia

608
0

OTONITY.com – Klasemen Balap F1 2016 Setelah Seri Australia, Nico Rosberg dari tim Mercedes akhirnya berhasil menjadi juara di ajang Formula 1 GP Australia yang berlangsung di sirkuit Albert Park hari Minggu (20/3) kemarin. Rosberg untuk sementara menempati peringkat pertama di klasemen dengan peroleh 25 poin. Sementara itu di posisi kedua ada rekan satu timnya yaitu Lewis Hamilton dengan 18 poin.

Dibelakangnya ada pebalap Scuderia Ferrari yakni Sebastian Vettel dengan 15 poin dan di susul kemudian Daniel Ricciardo dengan 12 poin dari tim Red Bull serta Felippe Massa 10 poin dari tim WIliams. Lalu bagaimana dengan pebalap Indonesia dari tim Manor Racing yaitu Rio Haryanto?

Jalannya lomba sebenarnya langsung berjalan dengan sengit dan di awal-awal lap duo pebalap Ferrari yaitu Vettel dan Kimi Raikkonen berhasil menempati posisi pertama. Sementara itu Rio Haryanto yang harus start dari posisi paling buncit secara mengejutkan mampu menembus peringkat 18 hingga beberapa lap awal.

F1 2016 Australia

Namun sayangnya sebuah insiden mengerikan yang terjadi kepada Fernando Alonso pada lap 18 langsung merusak debut Rio Haryanto. Pasalnya setelah bendera merah berkibar dan semua pebalap masuk ke pit masing-masing, tim Manor justru memberikan informasi bahwa mobil Rio mengalami masalah pada bagian girbox sehingga tidak memungkinkan untuk kembali dilanjutkan karena bisa berakibat kerusakan semakin parah.

Padahal Rio sendiri menargetkan bisa finish tanpa di seri pembuka kali ini. Sedangkan rekan satu timnya yaitu Pascal Wehrlein yang juga merupakan pebalap debutan berhasil masuk 16 besar. Meskipun debutnya berjalan kurang mulus namun Rio berjanji pada seri berikutnya yang akan berlangsung dua pekan lagi siap memberikan performa terbaiknya.

Kisah debut Rio Haryanto di balap mobil paling bergengsi tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, meskipun tidak sedikit pula yang justru merasa pesimistis pada perjuangan Rio. Apalagi saat berada di Australia Rio juga mengalami beberapa insiden.

Bagi pria berwajah tampan ini melakoni debut balap jet darat tersebut jelas bukanlah perkara yang mudah karena dirinya menyadari akan menjadi sorotan banyak pihak baik media lokal maupun asing. Belum lagi statusnya sebagai pebalap pay driver yang tentu saja banyak pihak masih meragukan kualitasnya.

Rio bahkan sempat menjadi bintang tamu pada press conference di Sirkuit Albert Park bersama beberapa pebalap dunia seperti Lewis Hamilton. Keesokan harinya Rio menjalani sesi latihan resmi pertama dengan kurang mulus setelah mencatat waktu 1 menit 43, 372 detik dan dirinya sempat keluar lintasan karena arena yang licin.

Di hari yang sama Rio memulai latihan resmi kedua, kali ini meskipun hujan teras tetap turun namun Rio berhasil menempati posisi ke 14 dengan catatan waktu 1 menit 44,302 detik dengan memutari 22 putaran.

Kesialan Rio berlanjut pada sesi berikutnya karena saat dirinya keluar dari pit justru menabrak pebalap Roman grosjean yang ternyata sudah lebih dulu keluar dari pit. Meskipun tidak mendapat cedera namun Rio harus mendapat hukuman start mundur dari 3 posisi dan bahkan harus menerima pengurangan 2 poin di akhir musim.

Sat kualifikasi pertama Rio sukses mencatat waktu 1 menit 29,627 detik, menariknya dirinya lebih cepat dari rekan satu timnya yaitu Pascal Wehrlein yang meraih catatan 1 menit 29, 642 detik. Sebenarnya dirinya berhak start dari posisi 21 namun karena mendapat hukuman Rio diwajibkan start dari posisi buncit.

Berikut Klasemen sementara Formula 1 2016 usai Seri Australia:

  1. Nico Rosberg – Mercedes – 25 poin
  2. Lewis Hamilton – Mercedes – 18 poin
  3. Sebastian Vettel – Ferrari – 15 poin
  4. Daniel Ricciardo – Red Bull Racing – 12 poin
  5. Felipe Massa – Williams – 10 poin
  6. Romain Grosjean – Haas – 8 poin
  7. Nico Hulkenberg – Force India – 6 poin
  8. Valtteri Bottas – Williams – 4 poin
  9. Carlos Sainz – Toro Rosso – 2 poin
  10. Max Verstappen – Toro Rosso – 1 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here