Home Mobil Pertamina Bakal Hapus Pertamax Plus, Diganti Pertamax Turbo RON 98

Pertamina Bakal Hapus Pertamax Plus, Diganti Pertamax Turbo RON 98

907
0

OTONITY.com – BBM Baru Pertamax Turbo, Dalam waktu dekat PT Pertamina (Persero) memiliki rencana untuk menjual bahan bakar minyak (BBM) baru yang akan diberi nama Pertamax Turbo. Menurut kabar produk baru tersebut siap dijual di Indonesia pada pertengahan tahun 2016 ini. Perlu diketahui BBM baru tersebut lebih ditujukan untuk supercar dan kendaraan mewah lain yang mengharuskan mengkonsumsi oktan tinggi.

Untuk saat ini Pertamax Plus tengah dilakukan pengujian di Eropa dan ditargetkan bisa selesai dalam tiga bulan lalu kemudian bakal dipasarkan di Indonesia. Sementara itu Ahmad Bambang selaku Direktur Pemasaran PT Pertamina mengungkapkan Pertamax Turbo memiliki RON 98 sehingga sangat cocok sekali digunakan oleh mobil sport dan mobil mewah.

Pertamina sendiri sudah menjual bahan bakar tersebut di Eropa dengan kapasitas hingga 5 ribu liter per bulan dengan harga 1 dollar AS dan sudah sesuai pajak. Namun untuk konsumen Indonesia nanti menurut Ahmad hanya akan dijual dengan harga Rp 10 ribuan saja.

Kehadiran Pertamax Turbo sendiri sekaligus akan menghilangkan jenis BBM Pertamax Plus yang saat ini masih dipasarkan. “Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo) sehingga tidak kebanyakan produk yang membuat pusing, Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan jadi langsung saja disatukan pada RON 98,” ungkap Ahmad.

Bahan bakar dengan kualitas tinggi memang menjadi faktor yang sangat penting bagi kendaraan, apalagi pemerintah Indonesia akan memberlakukan standar Emisi ke Euro IV sehingga diperlukan BBM yang memiliki oktan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Rencana tersebut akan ditandatangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun ini dan akan terapkan secara resmi pada 2018 mendatang.

Kendaraan dengan regulasi Euro IV diharuskan mengkonsumsi bahan bakar RON 92 ke atas, untuk itulah PT Pertamina menyediakan Pertamax Turbo yang sudah pasti cocok bagi kendaraan tersebut. Namun di Indonesia sendiri saat ini masih ada beberapa jenis BBM yang memiliki kualitas di bawah standar seperti Premium RON 88.

Wianda Pusponegoro selaku Vice President Corporate Communication Pertamina mengungkapkan pihaknya masih belum bisa memastikan apakah untuk kedepannya premium akan dihapus atau tidak, namun yang pasti Pertamina akan tetap menyediakan BBM yang akan menjadi pilihan para pengguna kendaraan.

Selain Premium ada juga BBM Pertalite dengan RON 90, meskipun tergolong baru namun Pertalite ternyata mendapat respon sangat positif dari masyarakat, tercatat sepanjang 2015 bahan bakar berwarna hijau ini langsung menguasai 13 persen konsumsi secara nasional. Tentu saja hal tersebut membuktikan kalau konsumen sudah mulai pintar dan mengerti akan kebutuhan kendaraan yang menginginkan kualitas bahan bakar lebih baik. Jadi bisa saja Premium secara perlahan akan mulai tersingkirkan.

Pemberlakukan standar emisi Euro IV kendaraan roda empat tentu saja memberikan kabar baik bagi para produsen mobil di Indonesia terutama yang memiliki pabrik perakitan karena akan mendorong para pelaku industri otomotif untuk melakukan ekspor. Selain itu aturan emisi ini juga  membuat para produsen mobil lebih efisiensi karena tidak perlu lagi memproduksi dua jenis mesin yang berbeda.

Seperti diketahui para produsen mobil di Indonesia membuat kendaraan dengan standar Euro II untuk pasar dalam negeri, sedangkan untuk luar negeri mereka kembali membuat kendaraan dengan standar Euro IV karena untuk beberapa negara maju sudah pasti memiliki peraturan lebih ketat mengenai lingkungan hidup dan juga spesifikasi mesin yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here