Home Mobil BBM Non Subsidi Kembali Turun Per 30 Maret 2016, Ini Daftar Harga...

BBM Non Subsidi Kembali Turun Per 30 Maret 2016, Ini Daftar Harga Barunya

2059
0

OTONITY.com – Harga Bahan Bakar Turun Lagi, Untuk kesekian kalinya pemerintah kembali merevisi harga bahan bakar minyak, melalui Paket Kebijakan Jilid X1 yang baru saja dikeluarkan pada hari Selasa (29/3) kemarin BBM Non Subsidi mengalami penurunan harga mulai Rp 200.

Harga baru yang ditetapkan pemerintah tersebut terkait dengan kondisi pasar harga bahan bakar minyak mentah dunia yang juga belum stabil. Kendati demikian penurunan harga tersebut hanya terjadi pada BBM Non Subsidi seperti Pertalite, Pertamax dan sebagainya sedangkan untuk premium tetap tidak mengalami perubahan sama sekali.

Ahmad Bambang selaku Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (persero) mengungkapkan harga BBM jenis Non Subsidi memang mengalami penyesuaian setiap dua pekan sekali. Dirinya menambahkan hal tersebut dilakukan guna mengikuti harga BBM mentah yang cenderung turun. Bahkan di bulan Maret 2016 ini saja tercatat BBM Non Subsidi telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali.

Tentu saja dengan penurunan harga tersebut membuat masyarakat memiliki banyak pilihan sekaligus mendorong para pengguna kendaraan untuk beralih menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas dibandingkan dengan premium. Apalagi secara harga premium dan Pertalite tidak jauh berbeda.

Per 30 Maret 2016 harga Pertalite berubah dari Rp 7.300 menjadi Rp 7.100, kemudian untuk Pertamax dari semula Rp 7.750 kini hanya Rp 7.750 dan Pertamax Dex dari Rp 8.600 menjadi Rp 8.400. Sementara itu Heppy Wulansari selaku Area Manager Communication & Relation Pertamina MOR V menjelaskan harga Pertalite turun dari Rp 7.300 menjadi Rp 7.100 per liter itu berarti selisih dengan premium hanya Rp 50 saja karena saat ini BBM bersubsidi tersebut dibanderol Rp 7.050.

Lalu kenapa yang turun hanya harga BBM Non Subsidi saja? perlu diketahui bahwa untuk jenis bahan bakar non subsidi berada di bawah arahan PT Pertamina selaku pemasok dan hal tersebut disesuaikan dengan harga bahan bakar minyak mentah dunia. Sementara itu untuk BBM bersubsidi seperti Premium dan Solar keputusan ada di tangan pemerintah.

Kabar bagusnya Pemerintah juga bakal menurunkan harga BBM subsidi pada tanggal 1 April 2016 besok. “Mulai besok, BBM non PSO kami turunkan dulu dan kami isi penuh. Kalau premium kosong, ada pilihan lain,” terang Ahmad.

Pihak Pertamina juga berharap kejadian seperti bulan Januari lalu tidak terulang lagi. Saat itu para pengusaha SPBU dan konsumen menunda pembelian BBM sehari sebelum penurunan harga agar bisa membeli BBM saat sudah turun. Akibatnya Antrian panjang pun terjadi dimana-mana yang tentu saja membuat rugi banyak pihak dan terutama para pengguna sepeda motor karena justru harga di eceran melambung tinggi karena minimnya stok.

Pemerintah sendiri telah jauh-jauh hari merencanakan penurunan harga BBM subsidi dan melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yakni Sudirman Said mengungkapkan bahwa pemerintah akan tetap konsisten untuk meninjau harga bahan bakar subsidi setiap tiga bulan.

“Kita akan konsisten untuk melakukan peninjauan harga BBM setiap tiga bulan. Karena itu pada 1 April 2016 nanti kita akan mengeluarkan Keputusan Menteri untuk menetapkan harga BBM periode 1 April hingga 30 Juni 2016,” ungkapnya.

Baca juga: Daftar Mobil Irit BBM Terbaru

Sudirman menambahkan bahwa untuk periode tiga bulan ke depan harga BBM akan turun secara signifikan namun pemerintah tetap akan menjaga stabilitas agar saat lebaran yang jatuh pada bulan Juli nanti tidak mengalami kenaikan.

Kendati demikian Sudirman memastikan penurunan harga hanya berlaku untuk bahan bakar saja sedangkan LPG tidak akan mengalami penurunan maupun kenaikan. “Harga LPG patokannya harga sudah rangkup dan kita tahu bahwa harga tersebut mengalami penurunan. Namun untuk saat ini adalah kesempatan kita untuk memperbaiki margin dari pengecer, margin kepada distributor, supaya bisnis berjalan lebih sehat. Maka dari itu harga akan stabil dan mudah-mudahan itu bisa kita putuskan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here