Home Mobil Toyota NAV1 Dipastikan Tetap Dijual Di Indonesia Tahun 2016 ini

Toyota NAV1 Dipastikan Tetap Dijual Di Indonesia Tahun 2016 ini

1218
0

OTONITY.com – Mobil Toyota NAV1 Terbaru 2016 Indonesia, Masa depan dari Toyota NAV1 di Indonesia menjadi tanda tanya setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bakal meluncurkan mobil serupa dengan nama Toyota Sienta yang akan memulai debutnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 tanggal 7 April nanti.

Banyak pihak yang menganggap kalau Toyota NAV1 bakal discontinue setelah Sienta diluncurkan mengingat secara penjualan sendiri pesaing Honda Freed itu kurang begitu memuaskan. Namun menanggapi hal tersebut PT TAM selaku agen tunggal pemegang merek mobil Toyota di Indonesia memastikan kalau NAV1 akan tetap dijual di tanah air.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT TAM saat media Gathering Toyota IIMS 2016 kemarin dengan menyebutkan kalau segmen Toyota NAV1 dengan Toyota Sienta jelas berbeda. Dirinya melanjutkan untuk NAV1 sendiri berada di kelas premium sedangkan Sienta bakal lebih murah dengan berada diantara Toyota Avanza dan Kijang Innova.

Toyota NAV1 Indonesia

Lebih lanjut Henry juga menjelaskan bahwa Toyota Sienta merupakan mobil MPV yang hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam negeri sebagai kendaraan multifungsi, bergaya stylish dan cocok digunakan sehari-hari. Apalagi secara desain baik NAV1 maupun Sienta jelas sangat berbeda terutama di sektor buritan dan juga fitur didalamnya.

Sedikit informasi Toyota NAV1 sendiri pertama kali meluncur di Indonesia pada akhir tahun 2012 lalu dan sampai sekarang hanya satu kali mendapat penyegaran. Padahal di negara asalnya yaitu Jepang mobil MPV dengan pintu geser ini sudah mendapat generasi terbaru namun sayangnya tidak pernah masuk ke Indonesia.

Berdasarkan data wholesales (pabrik ke diler) dari Toyota sepanjang tahun 2016 NAV1 hanya terjual sebanyak 577 unit saja sedangkan di dua bulan awal tahun 2016 cuma laku terjual 83 unit. Menariknya angka penjualan tersebut dianggap PT TAM sudah cukup bagus mengingat segmen yang ditempati oleh Toyota NAV1 adalah kelas menengah.

Penjualan tertinggi Toyota NAV1 terjadi pada tahun 2013 silam dimana saat itu PT TAM sukses menjualnya sebanyak 2.830 unit, namun selang satu tahun kemudian NAV1 hanya mampu membukukan penjualan 535 unit saja. Salah satu penyebabnya yaitu Toyota NAV1 berbeda dengan MPV sejuta umat lain seperti Toyota Avanza ataupun Honda Mobilio.

Selain itu NAV1 sendiri masih dijual di Indonesia dalam bentuk terurai atau CKD sehingga harganya juga belum begitu bersahabat. Tercatat mobil MPV bongsor ini dijual dengan harga Rp 396,35 juta – 415,7 juta yang bisa dikatakan sama seperti banderol Toyota Kijang Innova.

Sedikit informasi mengenai Toyota NAV1 merupakan mobil MPV bongsor dengan dimensi mencapai panjang 4.600 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.850 mm dan bobotnya hanya 1.580 kg yang bisa dibilang sangatlah ringan. Dengan tubuh besarnya tersebut sudah pasti kapasitas interior NAV1 cukup lega sehingga membuat nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Beralih ke bagian dapur pacunya Toyota NAV1 mengusung mesin 4 silinder segaris berkapasitas 2.0 liter 16 valve DOHC yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 158 Ps pada putaran 6.200 rpm dan torsi puncak 196 Nm pada 1956 rpm. serta didukung pula oleh transmisi CVT otomatis 7 percepatan.

Untuk fitur-fiturnya mobil ini bisa dikatakan sudah sangat modern dan berkelas seperti New Touch Screen Audio System with Toyota Navigation, LCD layar sentuh berkuran 5.8 inch, New Console Box with USB Charge, Dual Zone Air Conditioner, Option Combination Meter & MID, fitur keamanan ABS (Anti-Lock Brake System), BA (Brake Assist), SRS Dual Airbag dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here