Harga Bahan Bakar Premium Dan Solar Turun Rp 500 Per 1 April 2016

0

OTONITY.com – Harga BBM Bersubsidi Turun 1 April 2016, Setelah sehari sebelumnya harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi mengalami penurunan sekitar Rp 200 kini harga BBM bersubsidi yaitu Premium dan Solar juga ikut turun dengan kisaran Rp 500 per liter yang berlaku mulai 1 April 2016.

Penurunan harga ini sendiri dilakukan dengan menyesuaikan peraturan undang-undang yang berlaku dan juga mengikuti tren penurunan harga minyak dunia. Pemerintah memastikan harga BBM bersubsidi turun mulai Rp 500. Harga Premium yang sebelumnya Rp 6.950 mulai tanggal 1 April berubah menjadi Rp 6.450, sedangkan Solar dari 5.650 menjadi Rp 5.150 per liter.

Tentu saja dengan penurunan harga BBM ini bisa membuat perekonomian masyarakat menjadi lebih baik dan diharapkan juga ikut menurunkan harga kebutuhan pokok. Penurunan harga yang hanya Rp 500 tersebut sebenarnya tergolong cukup ringan karena pemerintah dan juga Pertamina bisa saja melakukannya angka yang lebih besar. Namun hal tersebut tidak dilakukan untuk mengantisipasi apabila saat bulan Juli nanti bahan bakar dunia tiba-tiba naik.

Sementara itu Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk mengevaluasi kembali tarik angkutan umum untuk menurunkan ongkos sebesar 3 persen dari harga patokan harga sebelumnya. Penetapan tersebut nantinya bakal berlaku untuk  transportasi darat seperti kereta ataupun kapal laut. Sedangkan untuk transportasi seperti bus Kota hingga antar Provinsi pemerintah akan mengirim surat edaran kepada kepala daerah.

Seperti diketahui sejak era presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla harga bahan bakar minyak sudah berkali-kali mengalami naik turun karena disesuaikan dengan harga minyak dunia. Langkah yang diambil pemerintah tersebut sudah pasti mengundang pro maupun kontra, sebab masyarakat Indonesia sangat sensitif sekali terhadap perubahan harga BBM terutama saat mengalami kenaikan.

Misalnya saja di akhir tahun 2014 lalu dimana saat itu pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi hingga 2 ribu rupiah yang langsung saja membuat masyarakat resah karena harga bahan kebutuhan pokok pun langsung meroket, selain itu sektor perekonomian pun langsung melemah dengan beberapa alasan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY