Klasemen MotoGP 2016 Usai Seri Argentina, Marquez Kokoh Di Puncak!

0

OTONITY.com – Balap MotoGP Argentina 2016 Terbaru, Marc Marquez akhirnya kembali bisa naik podium pertama setelah berhasil menjuarai MotoGP seri Argentina yang berlangsung pada hari Minggu (3/4) waktu setempat. Pebalap dari tim Repsol Honda ini sukses mempertahankan posisi terdepan berkat start yang baik dan juga mampu bertahan dari tekanan-tekanan yang diberikan oleh para kompetitornya.

Sementara itu di urutan kedua ada Valentino Rossi yang juga memulai start dari posisi kedua. Pebalap berusia 37 tahun ini tidak mampu mengulangi sukses seperti musim lalu dimana saat itu dirinya berhasil menempati podium pertama setelah sukses bertarung melawan Marquez.

Pebalap Repsol Honda lainnya yaitu Dani Pedrosa menyusul di urutan ketiga dan ini menjadi podium pertama bagi pria asal Spanyol ini setelah di seri perdana di MotoGP Bahrain kemarin Pedrosa harus puas terlempar dari tiga besar karena kalah bersaing melawan Marquez dan Lorenzo.

MotoGP 2016 Argentina

Balap MotoGP seri Argentina sendiri merupakan satu-satunya negara Amerika Latin yang menyelenggarakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. Kendati tidak menyuguhkan pertarungan sengit seperti musim lalu namun dengan hadirnya Rossi di podium kedua dan bersanding dengan Marquez sudah cukup membuat seri kali ini menjadi cukup menarik.

Balap MotoGP seri Argentina ini sendiri diwarnai banyak insiden termasuk sang juara dunia 2015 yakni Jorge Lorenzo yang terpaksa tidak mampu melanjutkan balapan karena terjatuh. Balapan yang berlangsung di sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo ini juga berlangsung anti klimaks karena pihak Race Direction sebelum race dimulai memotong balapan dari awalnya 25 lap menjadi 20 lap menyusul cuaca yang diprediksi akan turun hujan, selain itu para pebalap juga diwajibkan mengganti motor di lap 9,10 atau 11 guna menyesuaikan ban.

Setelah start dimulai persaingan di baris terdepan langsung terlihat dan di awal-awal lap Marquez sudah langsung bertarung melawan Dovisiozo dan Rossi, Sedangkan Lorenzo sendiri harus merosot sampai posisi enam, momen yang paling menarik ketika Marquez bersaing head to head melawan Rossi hingga beberapa lap sampai pada akhirnya tiba untuk mengganti motor.

Rossi dan Marc Marquez pun masuk ke pit lane secara bersamaan namun sayangnya setelah itu persaingan menjadi tidak begitu menarik karena Marquez dengan Honda RC213V milikya langsung tancap gas sedangkan Rossi terlihat sedikit menurunkan laju kendaraannya. Bahkan selang beberapa saat kemudian The Doctor justru bisa tersusul oleh tiga pebalap lain yaitu Maverick Vinales dari Suzuki, Dovisiozo dan Andrea Iannone dari Ducati.

Beruntung bagi Valentino Rossi karena tiga pesaingnya yang sudah mulai mendekat tersebut tersungkur satu per satu, Vinales terjatuh karena kehilangan grip ban depan sedangkan duo Ducati justru mengalami insiden bersenggolan setelah laju motor Iannone yang terlalu kencang saat masuk tikungan justru menabrak Dovisiozo dan akhirnya keduanya gagal finish ketika balapan tinggal menyisakan satu lap lagi.

Kondisi yang tidak begitu menguntungkan memang membuat para pebalap merasa kewalahan untuk mengatasinya, terbukti di tikungan pertama saja keganasan sirkuit Argentina ini langsung memakan korban seperti Carl Crutchlow dan Aleix Espargaro yang terjatuh di saat bersamaan. Selang beberapa saat kemudian Jorge Lorenzo juga menyusul di tikungan yang sama setelah kehilangan grip ban depan.

Dengan tambahan 25 poin yang di raih di MotoGP Argentina ini membuat Marc Marquez kokoh di puncak dengan mengumpulkan 41 poin kemudian di susul Valentino Rossi dengan 33 poin. Di bawah Rossi ada Dani Pedrosa yang juga rekan satu tim Marquez dengan 27 poin. Jorge Lorenzo tetap hanya memiliki 25 poin hasil dari kemenangan di seri Bahrain dan kini harus puas ada di peringkat keempat diikuti Andrea Dovizioso dari Ducati dengan 23 poin dan Pol Espargaro ada di peringkat 6 dengan 19 poin. Sampai seri kedua ini tercatat ada empat pebalap yang belum memperoleh poin sama sekali yaitu Andrea Iannone, Cal Cructhlow, Loriz Baz dan Yonny Hernandez.

  1. Marc Marquez – Honda – 41 poin
  2. Valentino Rossi – Yamaha – 33 poin
  3. Dani Pedrosa – Honda – 27 poin
  4. Jorge Lorenzo – Yamaha – 25 poin
  5. Andrea Dovizioso- Ducati – 23 poin
  6. Pol Espargaro – Yamaha – 19 poin
  7. Hector Barbera – Ducati – 18 poin
  8. Eugene Laverty – Ducati – 17 poin
  9. Bradley Smith – Yamaha – 16 poin
  10. Maverick VInales – Suzuki – 10 poin
  11. Aleix Espargaro – Suzuki – 10 poin
  12. Alvaro Bautista – Aprilia – 9 poin
  13. Stefan Bradl – Aprilia – 9 poin
  14. Tito Rabat – Honda – 8 poin
  15. Scott Redding – Ducati – 6 poin
  16. Michele Pirro – Ducati – 4 poin
  17. Jack Miller – Honda – 2 poin

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY