Home Honda Komparasi Toyota Sienta Vs Honda Freed Di Indonesia

Komparasi Toyota Sienta Vs Honda Freed Di Indonesia

4766
0

OTONITY.com – Perbandingan Honda Freed dan Toyota Sienta 2016, Tinggal hitungan hari lagi Toyota Sienta siap mengaspal di Indonesia dan akan memulai debutnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada 7 April nanti. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku distributor resmi mengatakan mobil terbarunya ini diklaim memiliki banyak sekali kelebihan yang nantinya akan berada di antara Toyota Grand new Avanza dan Toyota Kijang Innova.

Selain melengkapi line up mobil MPV milik Toyota di Indonesia kehadiran Sienta juga bakal mengganggu penjualan Honda Freed yang ternyata sampai saat ini masih bertahan di pasar tanah air meskipun lama tidak mendapat penyegaran. Secara karakteristik kedua mobil ini memiliki gaya yang sama yaitu bertubuh stylish dengan pintu model geser. PT Honda Prospect sendiri kabarnya juga bakal menghadirkan generasi terbaru pada mobil keluarga tersebut yang tidak hanya tampil lebih segar saja namun juga akan menggendong mesin lebih bertenaga.

Sudah pasti tahun 2016 ini pasar otomotif dalam negeri akan lebih berwarna dengan adanya persaingan antara Toyota Sienta dan Honda Freed. Buat anda yang penasaran dengan kedua mobil minivan ini berikut kami tampilkan komparasi antara Toyota Sienta dan Honda Freed :

Desain

Dimulai dari desainnya baik Toyota Sienta ataupun Honda Freed sama-sama menggunakan model kotak dimana tampilan depan akan semakin runcing namun memiliki bentuk besar di sektor belakang. Hanya saja untuk Sienta terlihat lebih stylish dengan hadirnya garis tajam yang memperlihatkan kesan elegan pada bagian depannya. Sedangkan untuk Honda Freed meskipun lebih sederhana namun juga tidak meninggalkan kesan sporty.

Toyota Siena Terbaru 2016

Jika diperhatikan pada bagian eksteriornya ini Toyota Sienta sedikit lebih diunggulkan dengan tampang depan landai namun memiliki garis-garis seperti kumis ikan lele. Sedangkan pada Honda Freed terlihat lebih kotak dengan kap mesin yang unik. Namun untuk bagian luar ini tergantung pula dengan selera masing-masing calon konsumen.

Dimensi

Beralih ke bagian dimensi kedua mobil keluarga ini bisa dikatakan nyaris tidak ada perbedaan, Toyota Sienta memiliki panjang sekitar 4.235 mm, lebar 1.695 mm dengan tinggi 1.675 mm sedangkan untuk Honda Freed punya panjang tubuh 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740 mm. Keduanya menawarkan ruang kabin yang lega dan nyaman berkat dimensi besar tersebut namun untuk bagian ruang depan Honda Freed lebih diunggulkan karena memiliki dimensi lebih luas.

Handling milik Honda freed juga sedikit lebih baik karena memiliki jarak wheelbase mencapai 2.740 mm sedangkan untuk Toyota Sienta 2.750 mm. Tidak hanya itu saja Freed juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu mencapai 170 mm sehingga untuk melintas jalan berlubang atau genangan air masih lebih mudah. Sementara itu untuk Toyota Sienta dengan jarak terendah ke tanah yang hanya 133 mm sangat rawan sekali berada di jalanan berlubang namun untuk tampilan lebih keren karena memiliki tubuh yang ceper.

Mesin

Untuk sektor dapur pacu keduanya sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter namun secara tenaga jelas berbeda. Honda Freed sedikit diunggulkan berkat tenaganya yang mencapai 117 hp dan torsi puncak 146 Nm, sedangkan untuk Toyota Sienta memiliki daya yang hanya 109 hp dan torsi 143 Nm saja.

Honda Freed Terbaru

Toyota Sienta sendiri mengusung mesin NR Series dengan teknologi Dual VVT-i yang dipadukan oleh transmisi CVT, sementara itu Honda Freed yang dijual saat ini masih menggunakan teknologi i-VTEC dengan transmisi otomatis lima percepatan. Kabarnya Honda Freed generasi terbaru bakal menggendong mesin lebih kecil yakni 1.0 liter namun didukung teknologi Turbocharged yang sanggup menghasilkan tenaga lebih besar.

Fitur

Jika berbicara soal fitur jelas Toyota Sienta jauh lebih diunggulkan karena mengusung teknologi yang lebih modern didalamnya. Misalnya saja pada Sienta terdapat AC Double Blower, pintu geser otomatis hingga lampu LED dibagian depan, sedangkan Honda Freed hanya mengandalkan lampu halogen saja.

Yang cukup disayangkan Toyota Sienta ternyata justru belum menggunakan kaca spion lipat seperti mobil-mobil keluaran terbaru lainnya, padahal Honda Freed sendiri sudah memiliki fitur tersebut. Kendati demikian kekurangan tersebut bisa ditutupi oleh Toyota Sienta dengan hadirnya teknologi menyalakan mesin dengan cukup menekan tombol sedangkan Honda Freed masih harus memasukkan kunci.

Meskipun begitu untuk urusan keamanan keduanya sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah didukung dengan rem cakram, EBD, BA dan ABS.

Harga

Urusan harga memang pihak PT TAM belum mengumumkannya secara resmi namun menurut bocoran yang beredar estimasi banderol dari Toyota Sienta bakal berada di kisaran Rp 230 juta hingga Rp 290 juta. Sementara itu Honda Freed yang sekarang sedang dijual di Indonesia dibanderol mulai dari Rp 271 juta sampai Rp 293 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here