Home Mobil Toyota Sienta 2016 Indonesia Akhirnya Resmi Diluncurkan

Toyota Sienta 2016 Indonesia Akhirnya Resmi Diluncurkan

1066
0

OTONITY.com – Toyota Sienta Indonesia Terbaru Diperkenalkan, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya meluncurkan MPV New Toyota Sienta bertepatan dengan hari pembukaan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mobil keluarga yang satu ini mengisi line up antara Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova dengan banderol mulai Rp 230 juta sampai Rp 295 juta. Henry Tanoto selaku Vice President PT TAM mengatakan Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia berbeda dengan di negara asalnya yaitu Jepang.

Perbedaan paling jelas terlihat dari segi ground clearance dimana Toyota Sienta untuk Indonesia lebih tinggi daripada di Jepang. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi jalan di perkotaan tanah air yang cenderung bergelombang dan selalu tergenang air apabila hujan tiba. Perlu diketahui Toyota Sienta buatan Indonesia memiliki jarak terendah ke tanah mencapai 170 mm sedangkan yang ada di Jepang hanya mencapai 145 mm.

Walaupun sebagai produk Jepang namun sebenarnya kandungan lokal dari pesaing Honda Freed ini mencapai 80 persen dan pihak Toyota Indonesia untuk kedepannya akan terus meningkatkan. Ajang IIMS 2016 sendiri yang dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla pada pagi hari ini (7/4) juga menjadi debut pertama bagi New Toyota Sienta. Tentu saja banyak masyarakat yang penasaran dengan mobil terbaru dengan ciri khas pintu geser ini mengingat pemberitaannya sudah sangat ramai sejak beberapa bulan sebelumnya.

Toyota Sienta Indonesia

New Toyota Sienta 2016 untuk pasar Indonesia diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat dengan kuota awal mencapai 25 ribu unit hingga akhir tahun 2016 nanti. Kabarnya Mobil Toyota Sienta buatan TMMIN tersebut tidak hanya dijual di Indonesia saja namun juga menjadi pusat produksi untuk kawasan Asi Tenggara lainnya.

Secara dimensi memang Toyota Sienta sedikit lebih besar dibandingkan dengan Toyota Avanza yaitu berukuran panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm dengan tinggi 1.675 mm. Hanya saja untuk pasar tanah air mobil ini cuma memiliki varian 7 seater saat sedangkan di negara Jepang memiliki dua varian lain yakni 6 seater dan 5 seater. Sementara itu untuk dapur pacunya sendiri New Toyota Sienta dibekali mesin 1.5 liter 4 silinder yang sanggup menghasilkan tenaga mencapai 109 hp dan torsi puncak 136,3 Nm.

Di pameran IIMS 2016 kali ini PT TAM langsung memboyong tiga tipe berbeda dari Toyota Sienta untuk dipamerkan ke para pengunjung yang hadir. Hiroyuki Fukui selaku president director PT TAM mengungkapkan mobil terbaru ini siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat tanah air dan Indonesia secara bangga ditunjuk menjadi negara kedua setelah Jepang yang memproduksi Sienta.

Toyota Sienta merupakan mobil MPV dengan tampilan dinamis yang didukung oleh fitur canggih serta ruang kabin nyaman, tidak mengherankan kalau sebelum diluncurkan saja sudah banyak pecinta otomotif yang penasaran dengan mobil keren ini. Bahkan menurut laporan sudah banyak konsumen yang mendatangi diler-diler Toyota guna mencari informasi seputar mobil keluarga tersebut.

Sayangnya Toyota Sienta yang ada di IIMS 2016 tersebut hanya sebatas display atau pajangan saja karena pihak TAM sendiri baru akan dikirim ke konsumen pada bulan Juli mendatang. Meskipun demikian para diler sudah membuka pemesanan mulai tanggal 7 April ini.

Selain itu meskipun berada di segmen yang sama dengan Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza namun PT TAM memastikan kalau Toyota Sienta tidak akan memakan pasar dua saudaranya tersebut, pasalnya secara karakter dan juga harganya sudah jelas kalau mobil MPV terbaru ini sangat berbeda dengan Innova ataupun Avanza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here