Home Mobil Rosberg Raih Juara Di GP China, Ini Klasemen Sementara F1 2016

Rosberg Raih Juara Di GP China, Ini Klasemen Sementara F1 2016

556
0

OTONITY.com – Klasemen Sementara Balap F1 Usai Seri ChinaPebalap Mercedes Nico Rosberg sukses meraih kemenangan di GP China dalam lanjutan Formula One seri ketiga. Bahkan Rosberg menyentuh garis finish dengan mencatat selisih waktu mencapai 37 detik lebih dari posisi kedua yaitu pebalap Ferrari Sebastian Vettel. Jalannya balapan menyuguhkan banyak sekali kejutan termasuk Lewis Hamilton dari Mercedes yang mampu finish di urutan 7 setelah harus mengawali start dari posisi paling buncit karena masalah mobil saat sesi kualifikasi.

Lewis Hamilton juga mengawali start yang kurang begitu mulus karena saat baru saja dimulai dan memasuki tikungan pertama pebalap kelahiran Inggris ini langsung bersenggolan dengan pebalap lain. Beruntung saat pertengahan lap terjadi beberapa insiden yang mengharuskan semua safety car memasuki sirkuit. Saat semua pebalap mengganti ban mereka Rio Haryanto dari tim Manor memilih untuk tetap bertahan dan dirinya sempat berada di posisi ke delapan. Sementara itu rekan satu timnya Pascal Wehrlein menempati posisi keempat.

Sayangnya setelah balapan kembali dimulai Pascal dan Rio merasa kurang kencang dan terpaksa disalip oleh pebalap lain sehingga tercecer ke deretan tengah. Setelah melalui 56 putaran akhirnya Nico Rosberg menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 38 menit 53,891 detik. Sementara itu diperingkat kedua ada Sebastian Vettel dengan selisih waktu 37,7 detik dan disusul pebalap Red Bull Daniil Kyvat dengan selisih 45,9 detik.

F1 2016 GP China

Pascal Wehrlein yang tampil apik dalam dua seri terakhir hanya mampu finish di urutan ke 18 sedangkan pebalap Indonesia Rio Haryanto berhasil finish di urutan ke 21. Ini merupakan kali kedua bagi pria kelahiran Solo tersebut bisa menyelesaikan lomba dengan sempurna namun di seri China ini Rio tidak lagi berada di urutan paling buncit seperti seri Bahrain beberapa waktu lalu.

Dengan tiga kemenangan beruntun tersebut membuat Nico Rosberg semakin kokoh di puncak klasemen dengan mengumpulkan 75 poin. Sementara itu Lewis Hamilton masih membuntutinya dengan 39 poin lalu disusul Daniel Ricciardo yang meraih 36 poin. Duo Ferrari yaitu Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen berada di peringkat empat dan lima dengan perolehan 33 poin serta 28 poin. Lalu bagaimana dengan dua pebalap Manor? Baik Rio Haryanto ataupun Pascal Wehrlein masih belum memperoleh poin sama sekali dari tiga seri yang telah dilalui.

Rio sebenarnya memiliki peluang yang cukup bagus di seri Shanghai ini karena dirinya lebih mengenal karakter sirkuit tersebut, apalagi trek yang lurus sangat cocok bagi mobil Manor Racing Team, namun sayangnya masalah pengalaman dan juga kecepatan mobil juga berpengaruh sekali terhadap hasil akhir, meskipun begitu raihan Rio sudah cukup memuaskan dan semoga saja di seri selanjutnya pebalap kebanggaan Indonesia tersebut bisa meraih hasil maksimal.

Jika diperhatikan rekan satu tim Rio yaitu Pascal lebih berani dalam duel kecepatan melawan para pebalap F1 lainnya. Meskipun masih berusia muda namun pebalap kelahiran Jerman ini sudah memiliki jam terbang yang cukup banyak termasuk menjadi test driver bagi tim Manor hingga beberapa kali. Sedangkan Rio yang menghabiskan banyak musim di GP2 harus menyesuaikan diri dengan mobil yang jet darat tersebut yang memiliki kapasitas mesin lebih besar.

Berikut klasemen sementara F1 2016 usai GP Shanghai China :

  1. Nico Rosberg – Mercedes – 75 poin
  2. Lewis Hamilton – Mercedes – 39 poin
  3. Daniel Ricciardo – Red Bull Racing – 36 poin
  4. Sebastian Vettel – Ferrari – 33 poin
  5. Kimi Raikkonen – Ferrari – 28 poin
  6. Felipe Massa – Williams – 22 poin
  7. Daniil Kvyat – Red Bull Racing – 21 poin
  8. Romain Grosjean – Haas – 18 poin
  9. Max Verstappen – Toro Rosso – 13 poin
  10. Valtteri Bottas – Williams – 7 poin
  11. Nico Hulkenberg – Force India – 6 poin
  12. Carlos Sainz – Toro Rosso – 4 poin
  13. Stoffel Vandoorne – McLaren – 1 poin
  14. Kevin Magnussen – Renault – 0 poin
  15. Sergio Perez –  Force India – 0 poin
  16. Jolyon Palmer – Renault – 0 poin
  17. Marcus Ericsson – Sauber – 0 poin
  18. Fernando Alonso – McLaren – 0 poin
  19. Jenson Button – McLaren – 0 poin
  20. Pascal Wehrlein – Manor – 0 poin
  21. Felipe Nasr – Sauber – 0 poin
  22. Esteban Gutierrez – Haas – 0 poin
  23. Rio Haryanto – Manor – 0 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here