Home Daihatsu Daihatsu Copen Tidak Laku Di IIMS 2016, Ini Penyebabnya

Daihatsu Copen Tidak Laku Di IIMS 2016, Ini Penyebabnya

815
0

OTONITY.com – Mobil Daihatsu Copen 2016 Terbaru Indonesia, Selama 11 hari perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang baru saja berlangsung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan yang sangat memuaskan dan bahkan diluar dugaan, sebab pihak ADM sendiri menargetkan penjualan mobil Daihatsu di IIMS 2016 ini hanya 250 unit saja atau 50 persen dari penjualan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu.

Namun pada kenyataannya mobil Daihatsu yang terjual mencapai 551 unit atau hanya selisih 8 unit lebih sedikit dibandingkan digelaran GIIAS 2015. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & CR Division Head, PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (DSO). Menurutnya Daihatsu merasa diuntungkan dengan tidak adanya produk baru yang diperkenalkan dan juga memberikan program promo menarik selama perhelatan tersebut.

Dirinya menambahkan konsumen di IIMS 2016 benar-benar orang yang mau membeli mobil baru sedangkan pada GIIAS 2015 lalu pengunjung tidak berasal dari pembeli mobil saja namun juga datang hanya untuk melihat mobil konsep serta teknologi. Dari sekian banyak mobil Daihatsu yang terjual di IIMS Ayla menjadi model paling laris dengan menyumbang penjualan hingga 39 persen, sementara itu Daihatsu Xenia ada diurutan kedua dengan 33 persen dan terakhir Terios sebanyak 13 persen.

Namun sayangnya mobil sport mungil Daihatsu Copen tidak terjual sama sekali di IIMS 2016, menurut Hendrayadi di pameran tersebut Copen hanya sebatas sebagai arena untuk foto bagi para pengunjung saja. Dirinya juga menambahkan sebenarnya tidak ada perbedaan konsumen di IIMS ataupun di GIIAS lalu namun mungkin di IIMS 2016 belum tepat untuk menjual Daihatsu Copen.

Mobil mungil bertampang sporty ini pertama kali dirilis ke pasar Indonesia tepatnya pada ajang IIMS 2014 silam. meskipun bertubuh kecil namun secara fitur Daihatsu Copen dibekali teknologi layaknya mobil modern masa kini dengan ciri khas kendaraan Jepang. Ada dua varian yang dijual di Indonesia yaitu tipe transmisi manual dengan banderol Rp 416,5 juta sedangkan yang transmisi CVT Rp 431,55 juta.

meskipun begitu hanya tipe manual saja yang dijual masyarakat umum sedangkan untuk tipe CVT khusus ditawarkan pada internal Daihatsu saja. Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 660 cc yang disandingkan oleh turbo intercooler dengan tenaga mencapai 64 hp. Selain itu mobil ini juga didukung fitur Electrical Throttle System yang membantu akselerasi lebih baik serta membuat bahan bakar menjadi semakin hemat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here