Home Mobil Daftar Mobil Low SUV Terlaris Di Indonesia Januari-Maret 2016

Daftar Mobil Low SUV Terlaris Di Indonesia Januari-Maret 2016

1756
0

OTONITY.com – Mobil SUV Terlaris Indonesia 2016 Bulan Maret, Bisa dikatakan tahun 2016 merupakan awal baru bagi para pelaku otomotif dalam negeri terutama di untuk roda empat. Beberapa agen tunggal pemegang merek resmi pun memprediksi tahun ini pasar otomotif dalam negeri bakal diramaikan oleh segmen SUV yang dalam dua tahun terakhir memang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut. Kendati demikian sampai 2016 perlu diakui segmen MPV masih cukup kuat dan sulit untuk digeser oleh segmen lain.

Sementara itu menurut data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dalam tiga bulan pertama yaitu Januari hingga Maret 2016 ada peningkatan yang cukup signifikan penjualan mobil dibandingkan dengan tahun 2015 lalu. Tercatat sampai kuartal pertama ini kenaikan mencapai 66 persen atau sekitar 13.130 unit atau pada 2016 tembus 33.020 unit sedangkan pada periode sama di tahun lalu penjualan mobil hanya mencapai 19.890 unit saja.

Mobil SUV terbaru milik PT Honda Prospect Motor (HPM) yaitu New Honda BR-V masih menjadi raja penjualan di segmen tersebut dengan sukses membukukan angka 13.150 unit. Mobil tujuh penumpang ini memang sudah terlihat akan menjadi penguasa di segmennya mengingat setelah diperkenalkan pada pertengahan tahun lalu Honda BR-V langsung banjir pesanan sampai sekarang.

Honda BR-V Indonesia 2016 Terbaru

Tidak mau ketinggalan dengan saudaranya Honda HR-V pun juga mencatat penjualan yang cukup tinggi yaitu 10.364 unit pada tiga bulan pertama 2016 ini. Mobil lima penumpang dengan desain elegan ini nyatanya masih cukup laris di Indonesia meskipun sejak diperkenalkan pada 2014 akhir belum pernah mendapat perubahan yang signifikan.

Melalui capaian dua produk tersebut saja Honda sudah menguasai sekitar 70 persen dari pasar Low SUV di Indonesia dan itu membuktikan kalau setiap model SUV Honda diluncurkan selalu diterima oleh masyarakat dalam negeri. Sementara itu PT Toyota Astra Motor (TAM) yang hanya mengandalkan Toyota Rush di segmen ini masih kalah jauh dengan hanya memberikan kontribusi 18 persen atau terjual 5.835 unit. Sedangkan untuk saudara kembarnya yaitu Daihatsu Terios justru lebih rendah lagi yakni terjual 3.212 unit atau menguasai 10 persen saja.

Pendatang baru lainnya yaitu Chevrolet Trax juga masih belum maksimal penjualannya dan Gaikindo mencatat hanya ada 130 unit saja secara total, itupun berasal dari penjualan bulan Maret saja sedangkan untuk Januari dan Februari tidak terpantau sama sekali. General Motors (GM) Indonesia tahun ini lebih fokus terhadap produk mobil SUV dan terbukti sudah menghadirkan beberapa model di IIMS 2016 lalu. Namun pabrikan asal Amerika Serikat ini lebih konsentrasi dalam pemasaran Chevrolet Trax.

Mobil SUV non Jepang lainnya yaitu Ford EcoSport juga masih minim penjualan dengan hanya laku sebanyak 99 unit di tiga bulan awal 2016, Angka tersebut diperoleh dari 47 unit di bulan Januari 5 unit pada Februari dan 47 unit di bulan Maret. Nasib Chevrolet Trax dan Ford EcoSport ternyata lebih baik dibandingkan dengan SUV asal China yaitu Geely MK2 yang tidak laku sama sekali di kuartal pertama ini.

Diprediksi untuk penjualan SUV pada bulan depan akan jauh meningkat tajam dibandingkan tiga bulan sebelumnya mengingat pada April 2016 baru saja terselenggara pameran otomotif berkala internasional yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 dengan mencatat ribuan unit kendaraan terjual selama 11 hari penyelenggaraannya.

Daftar Mobil Low SUV Terlaris Bulan Januari-Maret 2016 :

  1. Honda BR-V : 150 unit
  2. Honda HR-V 1.5L : 364 unit
  3. Toyota Rush : 835 unit
  4. Daihatsu Terios : 212 unit
  5. Nissan Juke : 196 unit
  6. Chevrolet Trax : 130 unit
  7. Ford EcoSport : 99 unit
  8. Renault Duster : 34 unit
  9. Geely MK2 : –
  10. Suzuki Escudo : –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here