Home Motor Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Jerez, Rossi Mulai Bangkit!

Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Jerez, Rossi Mulai Bangkit!

1127
0

OTONITY.com – Balap MotoGP 2016 Klasemen Terbaru, Pebalap legenda dari Movistar Yamaha yaitu Valentino Rossi sukses menjadi yang terdepan di seri Jerez, Spanyol pada hari Minggu (24/4) pada waktu setempat. Rossi yang menempati start dari posisi terdepan langsung melesat dan nyaris tanpa ada perlawanan berarti kecuali saat lap 5 yang sedikit berduel dengan rekan satu timnya yakni Jorge Lorenzo.

Lorenzo sendiri yang memulai start dari posisi kedua harus berusaha untuk terus mengejar Rossi namun justru semakin tertinggal karena alasan ban Michelin yang kurang mendukung. Bahkan dirinya harus mendapat perlawanan cukup ketat dari pebalap Honda yakni Marc Marquez. Kendati demikian akhirnya juara bertahan musim 2015 ini sukses finish di belakang Rossi.

Sementara itu Marc Marquez yang sejak awal balapan mencoba untuk bisa menyodok ke depan selalu terhalang oleh Lorenzo. kendati hanya mampu finish di peringkat ketiga namun Marquez tetap menjadi pemimpin klasemen kemudian disusul Lorenzo dan Valentino Rossi.

Kemenangan Valentino Rossi di seri Jerez, Spanyol tidak hanya membuatnya menjadi lebih dekat dengan Marc Marquez di puncak klasemen, namun pria kelahiran Italia ini juga mencatat sejarah baru dengan mengakhiri dominasi para pebalap Spanyol sejak 2009 lalu. Apalagi di seri kali ini Rossi tampil sangat mengagumkan dengan mengalahkan 9 pebalap Spanyol meskipun di podium masih ada dua nama pebalap tuan rumah yaitu Marquez dan Jorge Lorenzo.

Tidak hanya itu saja Rossi juga mengakhiri paceklik kemenangan yang terakhir kali diraihnya pada Agustus 2015 lalu dan kini The Doctor semakin berambisi untuk bisa meraih gelar juara dunia yang ke-10 meskipun terbilang cukup berat. “Saya berhasil menempati posisi di barisan terdepan sebanyak dua kali. Tapi posisi pole position adalah sesuatu yang berbeda, terutama di Jerez. Kendati akan sulit untuk mengalahkan Lorenzo dan Marquez, tapi saya masih bisa tampil kompetitif. Saya berharap kesalahan di Austin tidak terulang, jadi kita akan mulai melakukan sesuatu untuk mewujudkan podium pertama,” jelas Rossi.

Selain kemenangan Valentino Rossi ada satu hal unik yang terjadi di seri Jerez kali ini yaitu semua motor sudah dilengkapi dengan sayap penyeimbang atau winglet yang terpasang di sisi bodi. jika sebelumnya winglet hanya bisa dilihat pada tim Ducati, Yamaha dan Honda saja namun kali ini komponen tersebut juga digunakan oleh tim Suzuki Ecstar dan Aprilia Racing Team. Kemungkinan besar winglet tersebut juga tetap dipasang pada seri-seri selanjutnya karena membantu rider untuk mengurangi ban terangkat setelah start atau keluar dari tikungan.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2016 usai seri Jerez :

1. Marc Marquez – Repsol Honda Team (RC213V) – 82 poin
2. Jorge Lorenzo – Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) – 65 poin
3. Valentino Rossi – Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) – 58 poin
4. Dani Pedrosa – Repsol Honda Team (RC213V) – 40 poin
5. Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) – 36 poin
6. Maverick Vinales – Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) – 33 poin
7. Aleix Espargaro – Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) – 32 poin
8. Hector Barbera – Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) – 31 poin
9. Eugene Laverty – Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) – 28 poin
10. Andrea Iannone – Ducati Team (Desmosedici GP) – 25 poin
11. Andrea Dovizioso – Ducati Team (Desmosedici GP) – 23 poin
12. Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) – 20 poin
13. Stefan Bradl – Factory Aprilia Gresini (RS-GP) – 17 poin
14. Scott Redding – Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) – 16 poin
15. Alvaro Bautista – Factory Aprilia Gresini (RS-GP) – 14 poin
16. Michele Pirro – Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) – 12 poin
17. Tito Rabat – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) – 11 poin
18. Cal Crutchlow – LCR Honda (RC213V) – 5 poin
19. Loris Baz – Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) – 4 poin
20. Yonny Hernandez – Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) – 3 poin
21. Jack Miller – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) – 2 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here