Home Mobil Tips Mudah Membedakan Pelumas Pertamina Asli Atau Palsu

Tips Mudah Membedakan Pelumas Pertamina Asli Atau Palsu

608
0

OTONITY.com – Cara Mengetahui Perbedaan Pelumas Pertamina Asli Atau Palsu, pelumas kendaraan dari PT Pertamina Lubricants ternyata cukup diminati oleh konsumen dalam negeri dan bahkan saat ini tengah menguasai pasar hingga 65 persen. Meskipun sedang laris manis namun pihak Pertamina juga patut waspada karena biasanya produk yang banyak dicari oleh konsumen juga rawan pembajakan alias peluang produk palsu pun juga semakin besar.

Tentu saja ini menjadi hal yang harus diwaspadai oleh PT Pertamina Lubricants sebab tidak sedikit pula pebisnis yang memilih praktik curang untuk memperoleh untung lebih besar dengan cara yang terbilang instan. Kendati demikian pihak Pertamina juga sudah mempersiapkan dengan matang dan mengklaim produknya cukup sulit untuk dipalsukan mengingat masalah distribusi yang ketat serta mengenai kemasan khusus yang hanya dimiliki oleh Pertamina.

Lalu bagaimana cara membedakan antara pelumas asli milik Pertamina Lubricants dengan pelumas palsu? Eko Ricky Susanto selaku Brand PCO and Specialist Manager Retail Marketing PT Pertamina Lubricants mengungkapkan paling mudah cara mengecek keaslian pelumas tersebut bisa dilihat dari nomer yang terdapat pada tutup botol dengan leher botol. Jika angka dan font sejajar serta memiliki font yang sama maka sudah pasti bahwa itu adalah asli.

Selain itu cara membedakan yang kedua bisa dilihat dari bentuk kemasan hingga bentuk botol yaitu untuk produk Pertamina selalu diperbarui terus sehingga sulit untuk ditiru orang lain.

Eko melanjutkan, hal lainnya mengenai kemasan, desain hingga bentuk botol. Pertamina dalam waktu yang cukup singkat selalu mengubah semuanya, agar oknum pembuat produk palsu itu akan semakin ketinggalan. Paling penting, yakni mengenai teknologi dari pelumasnya itu sendiri. “Kita juga sekarang sedang membuat label, kemasan botol yang baru. Kalau diperbaharui terus, orang yang akan membuat palsunya juga menjadi mikir dua kali, karena harus mengubah desainnya lagi. Sebab, biaya yang dikeluarkan untuk membuat hal seperti itu cukup besar,” jelas Eko seperti dikutip KompasOtomotif.

Tidak hanya kemasan saja yang berbeda namun dari segi teknologi sudah dapat dipastikan kalau pelumas Pertamina tentu memiliki kualitas yang lebih bagus sehingga membuat mesin mobil juga semakin enteng dalam hal akselerasi. Eko menambahkan pelumas Pertamina selalu dijual di distribusi resmi yang telah terdaftar dan tentu bisa dipastikan kalau produk tersebut juga berasal dari sumber yang asli. Sebaliknya jika pelumas dengan merek Pertamina dijual bebas di toko-toko biasa atau bengkel yang tidak terdaftar maka hal tersebut patut dicurigai oleh para calon konsumen.

Memang sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini banyak bereda oli atau pelumas palsu yang beredar di Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan penindakan namun nyatanya banyak para pelaku usaha curang yang tetap melakukan hal tersebut. Untuk itulah pertamina Lubricants langsung melakukan berbagai upaya guna melindungi para konsumennya dan salah satunya yaitu dengan bekerjasama bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Menurut Gigih Wahyu Hari Irianto selaku Direktur Utama PT Pertamina Lubricants pihaknya terus melakukan peningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang kekayaan intelektual. Apalagi kasus pemalsuan sebuah produk bukan hal baru lagi di Indonesia sehingga harus dilakukan sebuah pengamanan yang bertujuan untuk melindungi para konsumen.

Sedangkan kerjasama pihak pertamina dengan Ditjen Haki berupa kegiatan sosialisasi seperti pertukaran data, seminar, pelatihan workshop dan masih banyak kegiatan lainnya. Saat ini Pertamina memiliki beberapa item merek pelumas dengan total sebanyak 19 varian pada kendaraan mobil dan 10 varian untuk motor roda dua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here