Cara Membersihkan Filter Udara Mobil Yang Benar Dan Tepat

0

OTONITY.com – Tips Merawat Filter Udara Mobil, Filter pada sebuah kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga performa kendaraan tersebut. Khusus untuk mobil filter udara harus dilakukan perawatan secara berkala agar kualitas mesin tetap terjaga dan tarikan pun menjadi tetap ringan seperti saat baru. Memang merawat komponen yang satu ini tergolong mudah namun banyak pemilik mobil yang menganggapnya sepele.

Padahal dengan dilakukan perawatan yang baik maka proses pembakaran bahan bakar pun menjadi sempurna dan efeknya tentu saja membuat kendaraan menjadi lebih irit. Apalagi jika sudah mengalami kerusakan yang parah dan diharuskan mengganti biaya dari filter udara tidaklah murah dan misalnya saja untuk Toyota Avanza setidaknya anda memerlukan uang lebih dari Rp 1 juta.

Berikut tips cara merawat filter mobil yang benar :

  1. Lepas bagian open Filter dan bersihkan pada bagian tersebut setidaknya setiap digunakan selama 2.000 km. Debu yang menempel pada pori-pori bisa menyebabkan kerusakan pada filter dan jika terus dibiarkan kotoran tersebut bisa mengendap sehingga akan menghambat kinerja dari filter itu sendiri.
  2. Gunakan air sabun untuk membersihkan open filter dan gosok menggunakan kuas atau sikat gigi, bersihkan secara keseluruhan lalu bilas menggunakan air bersih yang mengalir. Hindari menyemprot menggunakan air bertekanan tinggi karena justru akan merusak pori-pori pada filter tersebut.
  3. Apabila menginginkan hasil yang lebih maksimal anda bisa menggunakan produk cairan pembersih udara yang fungsinya memang untuk membersihkan filter, cukup di semprot lalu bilas menggunakan air bersih kemudian diamkan hingga kering.
  4. Apabila benar-benar sudah bersih dan kering sebelum memasang kembali jangan lupa filter dioleskan pelumas dengan cara teteskan pada tiap baris filter lalu ratakan dengan kuas. Hal ini bertujuan supaya filter tidak mudah berkarat saat terkena air hujan ataupun debu.

cara membersihkan filter udara avanza, cara cuci filter mobil, bersihkan filter udara avanza, Cara membersihkan saringan udara mobil, cara membuat saringan knalpot racing mobil, cara memebersihkan filter udara honda mobilio, cara mencuci saringan udara mobil, filter karburasi, filter karburasi suzuki carry, filter udara calya

SHARE
Previous articleHarga Resmi Toyota Sienta 2016 Belum Juga Diumumkan, Ini Alasannya!
Next articleYamaha R3 Produksi Indonesia Punya Kembaran Di China!
Sudah memiliki hobi menulis dari SD, tembok kamar dan tembok tetangga pun sudah pernah jadi sasaran. Sekarang lebih baik mengetik saja tidak perlu tipe-X dan sudah pasti bisa dibaca! Keep Riderhood!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY