Rio Gagal Finish, Berikut Klasemen Sementara F1 2016 Usai Seri Rusia

0

OTONITY.com – Klasemen Balap F1 2016 Terbaru Usai Seri Rusia, Dalam lanjutan seri empat balap F1 yang berlangsung di Rusia pada hari Minggu, 1 Mei 2016 waktus setempat pembalap asal Indonesia Rio Haryanto terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan sejak awal lap, hal tersebut terjadi setelah mobil MRT05 milik Rio ditabrak oleh Nico hulkenberg dari Force India saat tikungan kedua di putaran pertama. Tentu saja dengan kejadian tersebut membuat mobil Rio langsung mengalami beberapa kerusakan dan pihak Manor Racing Team memutuskan untuk mengakhiri balapan dari pembalap kelahiran Solo tersebut.

selain Rio pembalap Ferrari yaitu Sebastian Vettel juga mengalami insiden serupa di waktu yang sama, dirinya harus mengakhiri balapan setelah 2 kali ditabrak oleh Daniel Kyvat selaku pebalap tuan rumah, sementara itu Nico Rosberg dari tim Mercedes sukses finish di urutan pertama dengan sangat sempurna mengingat kemenangan ini sendiri merupakan keempat kali secara beruntun di musim balap mobil jet darat paling bergengsi di dunia tersebut, bahkan sejak start dimulai Rosberg sama sekali tidak mendapat perlawanan sengit dari pembalap lain.

Nico Rosberg berhasil finish dengan jarak 26 detik dari Lewis Hamilton yang merupakan rekan satu timnya. Hamilton sendiri bisa dikatakan tampil cukup superior mengingat dirinya mengawali Start dari posisi 10 namun sedikit mendapat keuntungan berkat adanya safety car yang masuk sirkuit setelah di awal balapan terdapat insiden yang terjadi dengan melibatkan beberapa pebalap. Sementara itu Kimi Raikkonen dari Ferrari menempati podium ketiga dengan selisih yang cukup jauh dari Rosberg, tentu ini menjadi hasil yang kurang memuaskan dari Tim Kuda jingkrak mengingat dalam empat seri F1 2016 yang sudah berlangsung belum sekalipun menempatkan kedua pebalapnya di podium teratas. Kendati demikian berhasilnya raihan Raikkonen di seri Rusia ini menjadi catatan sejarah bagi Ferrari karena sudah berhasil meraih podium ke-700 selama balap F1.

F1 2016

Dengan hasil kemenangan di seri Rusia ini Nico rosberg sukses menjadi pemimpin klasemen sementara ajang F1 2016 berkat empat kemenangan beruntun yang membuatnya kini mengoleksi 100 poin, sementara itu Lewis Hamilton berada di peringkat kedua dengan Raihan 57 poin lalu disusul pembalap Ferrari Kimi Raikkonen yang menempati peringkat 3 dengan 43 poin Lalu ada Daniel ricciardo dari tim Red Bull Racing dengan 36 poin dan ditempel ketat oleh Sebastian Vettel dengan 33 poin. Felipe massa yang kini membela tim William ada di peringkat 6 dengan 32 poin. Sementara itu dua pebalap Manor Racing Team yaitu Pascal dan Rio Haryanto sama sekali belum pernah meraih poin, pembalap debutan tersebut bisa dikatakan cukup kesulitan melawan para pembalap papan atas lain meskipun secara spesifikasi mesin milik tim Manor sedikit lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berikut klasemen sementara F1 2016 usai seri Rusia :

  1. Nico Rosberg – Mercedes – 100 poin
  2. Lewis Hamilton – Mercedes – 57 poin
  3. Kimi Räikkönen – Ferrari – 43 poin
  4. Daniel Ricciardo – Red Bull Racing – 36 poin
  5. Sebastian Vettel – Ferrari – 33 poin
  6. Felipe Massa – Williams – 32 poin
  7. Romain Grosjean – Haas – 22 poin
  8. Daniil Kvyat – Red Bull Racing – 21 poin
  9. Valtteri Bottas – Williams – 19 poin
  10. Max Verstappen – Toro Rosso – 13 poin
  11. Fernando Alonso – McLaren – 8 poin
  12. Kevin Magnussen – Renault – 6 poin
  13. Nico Hulkenberg – Force India – 6 poin
  14. Carlos Sainz – Toro Rosso – 4 poin
  15. Sergio Perez – Force India – 2 poin
  16. Jenson Button – McLaren – 1 poin
  17. Stoffel Vandoorne – McLaren – 1 poin
  18. Jolyon Palmer – Renault – 0 poin
  19. Marcus Ericsson – Sauber – 0 poin
  20. Pascal Wehrlein – Manor – 0 poin
  21. Felipe Nasr – Sauber – 0 poin
  22. Esteban Gutierrez – Haas – 0 poin
  23. Rio Haryanto – Manor – 0 poin

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY