Home Motor Motor Listrik Gesits, Nama Motor Listrik Buatan ITS Dan Garansindo Yang Segera Diproduksi Massal

Gesits, Nama Motor Listrik Buatan ITS Dan Garansindo Yang Segera Diproduksi Massal

706
0
SHARE

OTONITY.com – Motor Listrik ITS Garansindo Bernama Gesits, Motor listrik karya Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Garansindo sudah siap untuk diproduksi secara massal mengingat sosok seutuhnya pun sudah bocor ke publik beberapa waktu, menurut informasi yang beredar PT Garansindo Inter global akan memperkenalkan purwarupa dari motor listrik ini dalam waktu dekat dan yang menarik ternyata motor buatan dalam negeri tersebut sudah memiliki nama yaitu Gesits.

Gesits Rencananya akan diproduksi secara massal dalam beberapa bulan mendatang dan penyerahan motor listrik ITS ke pihak industri rencananya akan disaksikan langsung oleh Muhammad Nasir selaku Menristek Dikti, seperti yang disampaikan langsung oleh Joni Hermana selaku Rektor ITS yang mengungkapkan dalam kunjungan Kemenristek Dikti ke ITS nanti ada beberapa agenda acara terkait dengan program hasil penelitian yang dilakukan oleh ITS dan salah satunya yaitu melihat langsung acara penyerahan motor listrik buatan arek-arek Suroboyo ke pihak industri.

Sementara itu Dr Muhammad Nur Juniarto selaku ketua laboratorium mobil listrik nasional ITS mengungkapkan pihaknya sebagai lembaga pendidikan dan riset memang tidak pada berkewajiban untuk memproduksi secara massal karena hanya sebatas sebagai pengembang teknologi serta desain saja sehingga untuk proses produksinya pihak ITS harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Gesits ITS Indonesia

seperti yang dikutip dari detikoto bahwa akan ada 4 instansi yang akan mendatangani mOu dengan ITS terkait pengembangan mobil dan motor listrik dalam rangka komersialisasi, penyiapan suku cadang, pengembangan baterai hingga produksi kendaraan.

Motor listrik Gesits nantinya akan bersaing dengan skuter-skuter asal Jepang lain yang masih menggunakan bakar minyak seperti Honda Vario, Honda Beat, Yamaha Mio apapun Suzuki address. Namun motor listrik buatan Indonesia memiliki kelebihan utama yaitu ramah lingkungan sehingga tidak memperburuk kualitas udara, selain itu motor ini juga sanggup melesat hingga kecepatan puncak hingga 100 km/jam.

Nur Yuniarto menjelaskan ada beberapa perbedaan antara Gesits dengan motor matik asal Jepang yang lain yaitu skuter listrik buatan ITS tersebut tidak memiliki knalpot dan tidak harus melalui uji emisi karena sistem penggeraknya adalah listrik. Kendati demikian harus tetap dilakukan pengujian kelayakan kendaraan agar nantinya setelah dipasarkan secara massal tidak mengalami masalah.

Jika tidak ada halangan menurut rencana ITS dan Garansindo akan memasarkan motor listrik Gesits mulai tahun 2018 mendatang. Dengan harga yang cukup terjangkau atau setidaknya tidak lebih dari Rp 20 juta. Nama Gesits sendiri merupakan singkatan dari Garansindo Electrical Scuter ITS yang versi prototype-nya sudah siap diserahkan ke pihak Kemenristek Dikti. Sedangkan beberapa instansi yang melakukan kerjasama dengan ITS diantaranya PT Emi Jakarta untuk pengembangan charge station, kemudian PT Kharisma untuk pengembangan mobil listrik, PT Induktor Serpong untuk bagian controller dan pengembangan motor listrik bekerjasama dengan PT Garansindo.

Secara spesifikasi keseluruhan pihak ITS memang belum resmi mengumumkannya, namun untuk sekilas motor listrik Gesits memiliki dimensi panjang sekitar 1.904 mm, lebar 687 mm, tinggi 1.086 mm dengan dibekali ban berukuran 14 inci yang disandingkan pula oleh rem cakram dibagian depan serta belakang. Untuk penunjang jelajah dari Gesits ini sendiri terdapat baterai berkapasitas 1.980 Wh dengan maksimum discharge 61,2 Ampere. Cukup hanya dengan mengisi selama 90 menit saja motor listrik ini sudah bisa digunakan untuk menempuh jarak sekitar 60-100 km.

Jika semuanya berjalan dengan lancar si Gesits ini akan dimulai diproduksi secara massal pada tahun depan, semoga saja dengan kehadiran motor listrik buatan dalam negeri bisa mengubah para ATPM pabrikan roda dua dari luar untuk ikut serta menghadirkan motor listrik ke pasar tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here