Home Motor Motor Listrik Fakta Menarik Tentang Motor Listrik Nasional Gesits Yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Menarik Tentang Motor Listrik Nasional Gesits Yang Perlu Anda Ketahui

887
0

OTONITY.com – Motor Listrik Gesits Buatan ITS dan Garansindo, Untuk pertama kalinya motor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Garansindo akhirnya diperkenalkan ke publik dalam bentuk prototipe. Jika diperhatikan penampilan motor listrik karya anak bangsa ini sangatlah elegan dan tidak kalah jika dibandingkan dengan motor matik buatan Jepang, pihak ITS dan Garansindo kemudian memberikan nama pada produk terbarunya ini yaitu Gesits.

berikut fakta menarik tentang Gesits yang perlu Anda ketahui :

1. Memakai Tenaga Listrik

gesits merupakan motor matik bertenaga listrik dengan daya 5 KWH, skuter ini dibekali dengan baterai lithium ion yang dapat menempuh jarak sejauh 80 sampai 100 km dalam satu kali pengisian yang memakan waktu relatif singkat.

2. Waktu pengisian Hanya 1.5-3 Jam

Motor matik listrik ini menggunakan baterai ion lithium berkapasitas 1980 wh dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam sampai 3 jam untuk bisa diisi dengan penuh, baterai tersebut merupakan satu-satunya komponen yang masih diimpor dari Jepang sedangkan komponen yang lain sudah dikembangkan sendiri oleh ITS. Nantinya setelah dipasarkan secara resmi oleh Garansindo pihaknya akan bekerja sama dengan SPBU dan minimarket untuk menyediakan fasilitas penukaran baterai.

Gesits Motor Listrik

Hal tersebut dilakukan untuk membantu konsumen agar lebih mudah apabila kehabisan baterai di jalan sehingga tidak perlu mencari tempat mengecas sehingga pemilik tidak perlu lagi menunggu baterai sampai penuh dan cukup menukarkan saja di outlet-outlet yang tersedia.

3. Kecepatan Gesits mencapai 100 km/jam

Meskipun bertenaga listrik pihak ITS-Garansindo mengklaim si Gesits ini memiliki performa yang setara dengan motor matik konvensional mesin 125cc sehingga bisa berakselerasi dengan kecepatan Puncak 100 km per jam.

4. Lebih ramah lingkungan

Salah satu kelebihan utama dari si Gesits ini tentu saja tidak mengeluarkan emisi gas buang sehingga sangatlah ramah lingkungan dibandingkan dengan motor motor berbahan bakar minyak, ini menjadi solusi bagi pemerintah dalam mengurangi polusi udara yang dari hari ke hari terus semakin parah dan dengan hadirnya Gesits diharapkan kualitas udara di kota-kota besar di Indonesia bisa sedikit membaik.

Muhammad Al Abdullah selaku CEO Garansindo mengungkapkan teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi baru dan sedang dikembangkan di beberapa negara sehingga hal ini menjadi kesempatan sangat bagus sekali bagi Indonesia untuk memiliki kendaraan nasional yang ramah lingkungan.

5. Desain tidak kalah dibandingkan dengan motor matik buatan Jepang

Motor listrik buatan ITS-Garansindo sudah digarap sejak 2015 silam namun baru tahun ini versi utuhnya bisa diperkenalkan ke publik dengan mengusung nama Gesits. Jika resmi diproduksi secara massal pada tahun depan Gesits akan menjadi sepeda motor nasional pertama dengan teknologi listrik. Meskipun hasil buatan anak negeri namun Gesits diklaim memiliki kualitas serta teknologi yang tidak jauh berbeda dengan motor listrik Zero Motorcycle dari Amerika Serikat. Bedanya sampai saat ini sasis dari Gesits masih dibuat secara handmade karena baru sebatas prototype.

Gesits memiliki desain yang sangat sporty dengan warna dasar perpaduan antara hitam dan putih, selain itu tampangnya juga terlihat beringas berkat disematkannya lampu utama dengan teknologi LED serta disandingkan pula oleh sein memanjang mulai dari fairing depan. Yang menarik dibagian panel meter motor ini memakai layar aplikasi android yang tentunya bertujuan agar lebih mudah digunakan oleh konsumen.

6. Harga Diperkirakan Tidak Lebih dari Rp 20 juta

Menurut pihak Garansindo pembuatan motor listrik anak negeri ini bekerjasama dengan beberapa UKM di Indonesia mulai dari komponen dan lain sebagainya. Menurut informasi Garansindo akan menjual motor listrik nasional ini pada tahun 2018 mendatang dengan banderol diatas Rp 15 juta sampai Rp 20 jutaan. Harga yang cukup terjangkau ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen khususnya pecinta skuter tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here