Lorenzo Juara Di Le Mans, Ini Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Perancis

0

OTONITY.com – Klasemen MotoGP 2016 Terbaru Setelah Seri Perancis, Jorge Lorenzo dari tim Movistar Yamaha sukses menjadi raja di MotoGP seri Perancis yang berlangsung di Sirkuit Le Mans pada hari Minggu (8/5) waktu setempat, kemenangan yang diraih oleh pria asal Spanyol ini sekaligus melengkapi catatan manis yang sama setelah sebelumnya Lorenzo juga memenangi seri Perancis pada tahun 2009,2010, 2012 serta musim 2014 kemarin.

Sementara itu Valentino Rossi yang juga dari tim Movistar Yamaha berhasil menempati peringkat kedua meskipun dirinya harus memulai balapan dari posisi tujuh, sedangkan di peringkat ketiga Ada pembalap muda dari tim Suzuki Ecstar yakni Maverick Vinales. Kemenangan ini merupakan podium pertama bagi pria calon pendamping Rossi tersebut dan sekaligus kemenangan perdana bagi tim Suzuki setelah era Loris Capirossi beberapa tahun silam.

Jalannya balapan pada seri Perancis ini sendiri terbilang cukup menegangkan dan menghasilkan banyak kejutan, Jorge Lorenzo yang menempati posisi terdepan langsung melesat jauh juara bertahan ini terus melebar jarak dengan para pembalap di belakangnya. Lorenzo akhirnya finish dengan catatan waktu 43 menit 51,290 detik atau selisih lebih dari 7 detik dari Valentino Rossi, balapan langsung mulai menegangkan setelah start dimulai dengan menempatkan para pembalap kelas atas di posisi terdepan. Marc Marquez yang sebelumnya berada di posisi ketiga mampu disalib oleh Rossi di lap ke 12. Satu lap kemudian giliran Andrea Dovizioso yang di overtake oleh The Doctor untuk kemudian menempatkan dirinya Berada di posisi kedua.

Lorenzo MotoGP 2016 Perancis

Nasib naas dan cukup aneh terjadi pada Dovizioso dan Marc Marquez yang terjatuh dalam waktu bersamaan ketika balapan masih menyisakan 13 lap, beruntung bagi Marquez yang masih mampu mempertahankan motornya untuk bisa kembali mengikuti balapan sedangkan Dovi lebih memilih untuk menepi, jatuhnya kedua pembalap tersebut menguntungkan bagi para pebalap dibelakangnya termasuk Maverick Vinales yang sebelumnya berada di peringkat 5 naik 2 tingkat menjadi posisi ketiga diikuti oleh Dani Pedrosa yang berada di posisi empat.

Menjelang 10 lap terakhir Jorge Lorenzo merasa sudah sangat nyaman karena Valentino Rossi lebih memilih untuk menahan laju motornya. Selain Marquez dan berisi usul ataupun kalah pembalap yang juga mengalami nasib sial mulai dari Bradley Smith, Jack Miller, Andrea Iannone dan Tito rabat. Dengan kemenangan yang diraih di seri Perancis ini membuat Jorge Lorenzo Berada di posisi teratas klasemen sementara dengan Raihan 90 poin disusul Marc Marquez di urutan kedua dengan 85 poin kemudian ada Valentino Rossi di peringkat 3 dengan 78 poin lalu Dani Pedrosa 53 poin, Maverick Vinales 49 poin dan posisi 6 Pol Espargaro 47 Poin.

Persaingan papan atas sepertinya akan semakin sengit mengingat empat nama unggulan mendapat pesaing baru yaitu Maverick Vinales dari tim Suzuki. Kendati demikian diprediksi pembalap berusia 21 tahun ini belum bisa mampu untuk menjadi lawan sepadan bagi Rossi, Marquez ataupun Lorenzo. Sayangnya di deretan 5 besar klasemen sementara tidak terdapat nama dua pembalap tim Ducati yaitu Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso keduanya berada di peringkat 10 dan 11 karena dalam beberapa seri awal ini masih mengalami kendala.

Ajang balap motor palingbergengsi di dunia seri selanjutnya akan digelar di Sirkuit Mugello Italia yang notabennya adalah rumah dari Valentino Rossi tentu saja dukungan dari puluhan ribu pendukung setianya membuat The Doctor akan semakin percaya diri, namun tidak menutup kemungkinan Jorge Lorenzo bakal semakin kuat mengingat Sirkuit Mugello sangat cocok untuk kendaraan Yamaha

Berikut klasemen sementara MotoGP 2016 Usai Seri Perancis

  1. Jorge Lorenzo – Yamaha – 90 poin
  2. Marc Marquez – Honda – 85 poin
  3. Valentino Rossi – Yamaha – 78 poin
  4. Dani Pedrosa – Honda – 53 poin
  5. Maverick Vinales – Suzuki – 49 poin
  6. Pol Espargaro – Yamaha – 47 poin
  7. Aleix Espargaro – Suzuki – 42 poin
  8. Hector Barbera – Ducati – 39 poin
  9. Eugene Laverty – Ducati – 33 poin
  10. Andrea Iannone – Ducati – 25 poin
  11. Andrea Dovizioso – Ducati – 23 poin
  12. Stefan Bradl – Aprilia – 23 poin
  13. Alvaro Bautista – Aprilia – 21 poin
  14. Bradley Smith – Yamaha – 20 poin
  15. Scott Redding – Ducati – 16 poin
  16. Michele Pirro – Ducati – 12 poin
  17. Tito Rabat – Honda – 11 poin
  18. Danilo Petrucci – Ducati – 9 poin
  19. Loris Baz – Ducati – 8 poin
  20. Cal Crutchlow – Honda – 5 poin
  21. Yonny Hernandez – Ducati – 3 poin
  22. Jack Miller – Honda – 2 poin

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY