Home Mobil Ini Penanganan Pertama Saat Mesin Mobil Mengalami Overheat

Ini Penanganan Pertama Saat Mesin Mobil Mengalami Overheat

475
0

OTONITY.com – Mengatasi Mesin Mobil Yang Overheat, Mobil dengan usia cukup tua memang memerlukan perawatan yang baik dan harus secara berkala, salah satu komponen wajib yang harus selalu diperhatikan oleh pemilik mobil yaitu bagian mesin terutama pada sistem pendingin, bila pada bagian ini mengalami kerusakan atau tidak dalam kondisi performa baik maka sudah pasti ketika digunakan dalam jangka waktu lama akan mengalami overheat atau suhu mesin terlalu tinggi yang efeknya bisa membuat mogok kendaraan saat perjalanan.

Overheat sendiri disebabkan oleh masalah teknis pada radiator yang mengalami kerusakan atau aliran air ke mesin tidak dalam kondisi stabil yang diakibatkan oleh beberapa faktor termasuk kebocoran pada selang sehingga suhu mesin menjadi tidak terkontrol dan pada akhirnya mengalami overheat, jika mobil sedang overheat sebenarnya pengendara tidak perlu khawatir atau panik .Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu segera pinggirkan mobil ada di tempat yang aman atau setidaknya tidak menghalangi laju kendaraan lain setelah itu buka kap mesin lalu buka pengungkit diatas radiator secara hati-hati.

Biarkan sampai beberapa menit atau setidaknya suhu mulai menurun kemudian kendurkan tutup radiator dengan cara membuka secara berlawanan jarum jam untuk mengurangi tekanan uap air dari dalam, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya gunakan kain atau handuk saat membuka.

jika tutup radiator sudah dibuka biarkan mesin dingin terlebih dulu lalu isilah dengan air baru. Pada beberapa kasus mesin mobil yang mengalami bahkan sampai mengeluarkan asap dari kap mesin, hal itu dikarenakan panas berlebih sehingga uap yang keluar pun juga menjadi sangat banyak. Untuk itulah jangan terburu-buru untuk langsung mengganti air radiator baru saat mesin masih sangat panas, tunggulah beberapa saat atau setidaknya sampai 30 menit setelah itu baru Anda bisa menuangkan air yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here